bijakkelolasampah

Ecobrick Then

whatsapp-image-2019-04-05-at-08.02.36.jpeg

Dari cerita #simpansampahplastikmu kemarin, siapa yang sudah bingung, simpan sampah plastik terus buat apa, kurang kerjaan banget gue simpan sampah plastik kya gini 😀 . Itu kenapa, semua kudu dilurusin niatnya dari awal, dikuatin, insyaAlloh ga akan sia-sia, malah jadi ibadah.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, Indonesia menjadi pemasok sampah plastik terbesar kedua di dunia. Tentu hal ini menjadi PR kita bersama sebagai warga dunia untuk berperan serta dalam menjaga bumi kita.

Jadi, salah satu solusi lanjutan dari gerakkan #simpansampahplastikmu adalah Ecobrick. Ecobricks merupakan bata ramah lingkungan yang dapat menjadi solusi akar rumput atas sampah plastik, memberdayakan individu untuk bertanggung jawab atas sampah mereka dari sumbernya.

Ecobrick adalah botol plastik yang diisi secara padat dengan sampah bukan biologis,
yakni plastik (plastik kemasan yg tdk bs didaur ulang)
.
Cara membuat Ecobrick
🌍 Sampah plastik dibersihkan (dicuci bersih)
🌍 Sampah plastik yg sudah dicuci dikeringkan hingga kering
🌍 Sampah plastik yg sudah kering digunting kecil
🌍 Sampah plastik yg sudah digunting dimasukkan ke dalam botol hingga padat (botol uk.600ml butuh sekitar 265-300gr)

Setelah itu, ecobrick bisa digabungkan menjadi module-module yang dapat dirangkai seperti lego, bisa dibikin untuk meja, kursi, bahkan dinding ramah lingkungan. Untuk cerita lengkapnya bisa diliat di sini.

Yuk, mulai #simpahsampahplastikmu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s