[27 of 52] Weaning with Iman..

imageMenyusui itu butuh perjuangan, begitu juga dengan menyapihnya.

Ketika tiba waktunya menyapih, biasanya yang lebih sentimentil adalah sang ibu dibanding anaknya sendiri, iya kaan, iyaaa๐Ÿ˜€ . Pada dasarnya anak biasanya bagaimana orangtuanya saja. Jadi, sudah sekuat apa orangtua untuk menyapih anaknya, sejauh itu pula keberhasilan menyapih ditentukan.

Menyapih bukan hanya sekedar menyapih dengan cinta, seperti yang sudah sering kita dengar istilahย weaning with love,ย tapi lebih dari itu, yaitu menyapih dengan iman,ย weaning with iman.ย Menyapih sebagai sarana pengenalan tentang tauhid pada anak sejak dini. Menyapih sebagai sarana dialog tentang iman pada anak.ย Menyapih sebagai proses awal sebuah negoisasi antara ibu dan anaknya.

Jujur, punya anak 4, dan saya melewatkan moment dialog pertama ini๐Ÿ˜ฅ . Proses penyapihan berlangsung tanpa ada sentuhan tentang iman. Menyapih sekedar menyapih karena memang sudah umur 2 tahun dan bahkan 3 anak terakhir melebihi dari umur 2 tahun๐Ÿ˜ฅ ย . Semoga Alloh menghitung proses penyapihan yang saya lakukan sebagai niatan mengikuti perintahNya.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 233:

ูˆูŽุงู„ู’ูˆูŽุงู„ูุฏูŽุงุชู ูŠูุฑู’ุถูุนู’ู†ูŽ ุฃูŽูˆู’ู„ุงูŽุฏูŽู‡ูู†ู‘ูŽ ุญูŽูˆู’ู„ูŽูŠู’ู†ู ูƒูŽุงู…ูู„ูŽูŠู’ู†ู ู„ูู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู† ูŠูุชูู…ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุถูŽุงุนูŽุฉูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ู„ููˆุฏู ู„ูŽู‡ู ุฑูุฒู’ู‚ูู‡ูู†ู‘ูŽ ูˆูŽูƒูุณู’ูˆูŽุชูู‡ูู†ู‘ูŽ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู ู„ุงูŽ ุชููƒูŽู„ู‘ูŽูู ู†ูŽูู’ุณูŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูˆูุณู’ุนูŽู‡ูŽุง ู„ุงูŽ ุชูุถูŽุขุฑู‘ูŽ ูˆูŽุงู„ูุฏูŽุฉู ุจููˆูŽู„ูŽุฏูู‡ูŽุง ูˆูŽู„ุงูŽ ู…ูŽูˆู’ู„ููˆุฏููู„ู‘ูŽู‡ู ุจููˆูŽู„ูŽุฏูู‡ู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ูˆูŽุงุฑูุซู ู…ูุซู’ู„ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽุฅูู†ู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽุง ููุตูŽุงู„ุงู‹ ุนูŽู† ุชูŽุฑูŽุงุถู ู…ู‘ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽุชูŽุดูŽุงูˆูุฑู ููŽู„ุงูŽ ุฌูู†ูŽุงุญูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ุฃูŽุฑูŽุฏู’ุชูู…ู’ ุฃูŽู† ุชูŽุณู’ุชูŽุฑู’ุถูุนููˆุง ุฃูŽูˆู’ู„ุงูŽุฏูŽูƒูู…ู’ ููŽู„ุงูŽ ุฌูู†ูŽุงุญูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุฅูุฐูŽุง ุณูŽู„ู‘ูŽู…ู’ุชูู… ู…ู‘ูŽุขุกูŽุงุชูŽูŠู’ุชูู… ุจูุงู„ู’ู…ูŽุนู’ุฑููˆูู ูˆูŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽุงุนู’ู„ูŽู…ููˆุง ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุจูู…ูŽุง ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ ุจูŽุตููŠุฑูู

Artinya:

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang maโ€™ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya, dan seorang ayah karena anaknya, dan waris pun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum 2 tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Alloh dan ketahuilah bahwa Alloh Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

โ€œUsia dua tahun adalah kesempurnaan penyusuan. Adakah yang lebih sempurna setelah sempurna?โ€ tanya Ustadzah Poppy Yuditya, S.T, MBA di hadapan para ย ibu, beberapa waktu yang lalu pada peserta Sekolah Orangtua Parenting Nabawiyah yang membahasย tentang โ€œIbroh Besar dari Masa Hamil, Melahirkan, Menyusui.โ€ย 

Manajer Training Parenting Nabawiyah ini menyatakan bahwa menyapih adalah peran yang sangat penting. Namun, peran ini seringkali disepelekan sebagian orangtua. Bila menyusui adalah perintah, maka menyapih pun adalah perintah Alloh.

โ€œMenyapih anak adalah syariatโ€. tegasnya

Kadang atas nama cinta, para ibu menyerahkan proses penyapihan pada anaknya. Atau atas nama ‘ganti rugi’ karena kesibukkan sang ibu, proses penyapihan diperpanjang waktunya. Padahal dalam proses ini ibu diharapkan untuk dapat tegas dan konsisten.ย Mengingatkan anak atas perintah Alloh sebagai Robbnya. Dan tentu saja tidak mengesampingkan hal ini dilakukan dengan penuh kelembutan dan cinta kasih yang diiringi dengan pendisiplinan pada anak.

โ€œSalah satu yang penting adalah pengondisian beberapa bulan sebelum penyapihan di usia dua tahun. Bisa mulai dengan kalimat serupa ini, โ€˜Nak, perintah Alloh berhenti menyusu di usia dua tahun, karena kamu hebat, nanti di usia dua tahun berhenti nyusunya ya.โ€™ Dialog iman yang terus diulang.โ€ terang Ustadzah Poppy.

Semoga dengan tulisan ini bisa menginpirasi ibu-ibu yang akan atau sedang menghadapi proses penyapihan ini bisa kembali meluruskan niatnya. Bicarakan dengan pasangan bagaimana proses penyapihan akan dilakukan. Seperti halnya menyusui yang diperlukan dukungan dari pasangan juga lingkungan sekitar, proses penyapihan juga demikian. Semangatnya pun sama, karena mengikuti perintah Alloh dan mengajarkan tauhid pada anak.

Wallohu aโ€™lamโ€ฆ

Sumber:

2 thoughts on “[27 of 52] Weaning with Iman..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s