[11 of 52] Tentang Ayah (Lagi)..

pict.taken from here

pict.taken from here

Cerita tentang ayah (lagiiiii)..tenang, kali ini saya bukan cerita tentang ayah kudu begitu dan begitu koq, jadi boleh amaaaaan (sesaaat)😀

Akhir-akhir ini sering dunk yaaa dapet BC(broadcast) aneka tulisan tentang ayah. Karena seringnya pake sekali😀, saya sampai pada kesimpulan, ternyata bukan milik ibu saja yang ‘kelimpungan’ menjadi ibu jaman sekarang, para ayah pun (mungkin) merasakan yang sama😀 *pukpuksuami*

Dari aneka BC tsb dimunculkan beragam aneka fakta yang sesungguhnya bikin #jleb #ugh #sigh para ayah siy yaa dan tentunya fakta-fakta tsb (banyak) bikin seneng para ibu dunk yaaa😀 . Termasuk saya, yang makin ada alasan untuk nyemangatin suami untuk mau bersama anak-anak lebih sering *padahal siiy modus biar mamak punya me time lebih sering*😀

Alhamdulillah, saya punya suami yang emang dasarnya suka sama anak kecil, jadi ga perlu ampe mulut berbusa agar pak suami mau bersenang-senang sama anak-anaknya, malah saya yang seringnya belajar banyak sama beliau. Baginya “yang penting anak-anak seneeeng, Miii” :*

Tapi, yanamapun suami, kadang atasnama mencari nafkah, lelah dengan urusan pekerjaan, dan kesibukan-kesibukan lainnya bikin ada alasan untuk nenangin diri sendiri daripada nenangin anak😀 . Kalau udah begini, yaaa udah biarin istirahat dulu aja, maksudnya biar punya energi lebih banyak lagi buat main sama anak-anak nyehehehehe..

Kalau saya pribadi, tiap info yang saya punya yang berkenaan tentang #keayahan , sifatnya sekedar berbagi saja ke suami, sekedar ‘iklan’ yang lewat, kecantol–>Alhamdulillah, ga kecantol–> Alhamdulillah jugaa, ga ada maksud agar suami berubah ‘taraaaaa…’😀 . Seperti tiap ibu yang punya ‘medan tempur’ nya sendiri-sendiri, ayah pun demikian, mereka punya ‘cara’ dan ‘medan tempur’ nya sendiri. Kuncinya, asal sejalan sama perintah dan larangan Alloh.

Kecuali, jika memang ada hal-hal yang perlu dirancang ulang mengenai asdik untuk anak-anak, biasanya dilakukan dengan duduk bareng dan perbincangan yang cukup intens. Yang perlu diingat oleh para ayah adalah mereka pemimpin keluarga, tentunya nanti mereka yang akan ditanya lebih banyak tentang yang mereka pimpin. Dan sebagai istri, ibu, perlu untuk ‘mengembalikan’ posisi suami, ayah, untuk tetap di jalurNya yang lurus.

Cumaaa, yaiyaaa, ga selalu berjalan mulus, ada saat-saat kepengen juga suami ngelakuin sesuatu seperti info yang saya dapat misalnya😀 . Seperti beberapa waktu yang lalu pernah ikut seminar seorang ustadz, menurut beliau, urutan do’a yang perlu orangtua lakukan untuk anak adalah (1)kesehatan anak-(2)kepintaran/kecerdasan anak-(3)kaya raya/berkecukupan-(4)sholih. Abis pulang seminar, langsung donk kasih infonya ke suami, sambil ingin tahu apa pendapat juga reaksinya, serta berharap suami setuju dengan apa yang dikatakan pak ustadz. Namun, apa daya, ternyata tak sesuai dengan pendapatnya😀 , menurut suami, urutan do’a yang paling utama untuk anak yaa menjadi anak yang sholih lah, baru deh yang lain setelah dan setelahnya, sambil bilang..

“abi mah punya cara abi sendiri untuk ngedidik anak-anak abi..”

nyehehehehe, senyum kecut😀 , yaaa emang siiy, suami ga pernah ikutan yang namanya aneka seminar, milis ataupun pelatihan tentang parenting, jadi masih ‘murni’ banget dari pikirannya sendiri, ga terdistorsi sama apa kata psikolog, ustadz, dll. Ada baiknya, untuk mengingatkan saya (lagi dan lagiiii) ketika mulai pening dengan berbagai informasi yang ada, too much info will kill you, right 😀

Hal lainnya yang perlu diingat adalah oarangtua, ayah dan ibu adalah satu tim dalam rangka asdik untuk anak-anak mereka, there is no good cop bad cop in parenting🙂

2 thoughts on “[11 of 52] Tentang Ayah (Lagi)..

  1. Silvia Rahayu says:

    aak betul banget, too much info will kill you hehe
    aku masih termasuk golongan istri yg doyan cerewetin suaminya biar spent time sama anak2 sesuai pengennya anak (dan ibunya :D).. tp tetep pas bag si pae maen sama anak anak buenya masih cerewet aja.. maennya suka ekstrim soale pake gelut2an di kasur -_-“..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s