Ketika Anak Berbohong..

Pernah ga ngalamin ketika anak bercerita tentang kejadian yang dia alami, tapi sebagai ibu, kita suka bertanya-tanya lagi, bener ga sik😀 .

Tadi malam, ibu Anna Surti Ariani, seorang psikolog anak dan keluarga, tweet tentang #anakbohong , berikut resumenya :

  • Pastinya semua ortu ingin anaknya jujur kan, bukannya sering berbohong? Kenapa anak berbohong & gimana tanganinya? Kultwit yuk #anakbohong
  • #anakbohong Sejak kapan anak bisa betul2 berbohong? Biasanya di atas usia 4 tahun, karena kecerdasannya bertambah
  • Bahkan bisa berbohong termasuk salah satu indikator perkembangan kognitif & emosional normal buat anak balita #anakbohong
  • Tak berarti anak boleh terus2an bohong lho, tetap harus ditangani. Maksudnya kalau sesekali #anakbohong, ortu tak usah terlalu cemas
  • Anak <4 thn biasanya bukan bohong. Jika balita #anakbohong, mungkin dia: 1) Sedang berkhayal, karena balita belum bisa bedakan fantasi-fakta
  • #anakbohong 2) Belum paham bohong itu salah. Ngomelin / hukum abis2an bukan cara yg tepat untuk beri tahu bahwa bohong itu salah lho.
  • #anakbohong 3) Tidak paham waktu. Buat dia kemarin – tadi – hari ini – minggu lalu – bulan lalu, itu sama2 aja.
  • #anakbohong 4) Kemampuan komunikasi terbatas, ngomongnya A krn tak tahu cara bilang fakta B.
  • #anakbohong 5) Anak punya logikanya sendiri. Contoh ia meyakinkan ibunya bhw ia betul2 melihat matahari menangis atau kucing menari. Normal.
  • Jika alasannya seperti yg tadi disebut, balita #anakbohong biasanya keliatan biasa aja, gak menunjukkan rasa bersalah.
  • Kalau #anakbohong balita terlihat gelisah (mis meremas tangan / sembunyikan sst), tlihat takut, mungkin dia memang bohong. Cek usia 4-7th
  • Kita percaya bahwa balita tidak berniat #anakbohong, tp mungkin tak mampu menyampaikan informasinya sesuai fakta krn keterbatasannya
  • #anakbohong Oleh karena itu, jangan percaya mentah2 apa cerita anak. Tetap cari informasi dari orang lain, mis orang lain yg bersama dia
  • Sementara kalau #anakbohong usia 4-7 tahun, kemungkinan memang betul berbohong, tapi alasannya beda lagi lho.
  • Ketika #anakbohong, kadang dia terlihat gelisah / takut, tp bisa juga alihkan dengan nangis / marah, agar ortu tak menyelidik lebih jauh
  • #anakbohong a) Dia mungkin mencontoh ortunya, mis ortu ancam, “Kalau makan nggak habis, dokter nyuntik kamu”, ternyata toh dokter gak dateng
  • #anakbohong Contoh kebohongan ortu lg: diam2 pergi tak pamit karena takut kalau pamit nanti anaknya rewel. Halo ortu, itu contoh bohong lho.
  • #anakbohong Contoh ortu bohong lg: Ayo pulang, nanti dikasih hadiah kalo pulang. Abis itu tetep gak dikasih. Anak belajar bohong itu normal.
  • Ini juga contoh kebohongan klasik: ktk anak yg terima telp, ortu bilang lagi pergi, padahal ortu sedang di rumah. #anakbohong
  • #anakbohong Sadarilah, ancaman2 atau janji palsu yg sering dilakukan ortu dan seringkali tak terbukti itu adalah contoh buat anak
  • #anakbohong Alasan lain b) Takut mendapat hukuman, misalnya bilang bukan anak yang memecahkan gelas tapi kucing yang anak kejar
  • #anakbohong c) Terlalu sering dimarahi, shg anak menghindari kemarahan dengan menciptakan cerita yg dianggap benar, pdhl tak sesuai fakta
  • #anakbohong d) Ingin dianggap sama dng temannya, mis bilang bahwa ia juga berlibur ke luar negeri krn temannya baru cerita ttg libur ke LN
  • #anakbohong e) Tak mau kalah dari teman, mis bilang bahwa di rumah juga ada barang seperti punya si teman, bahkan lebih bagus, pdhl tak ada
  • #anakbohong f) Karena ingin menyenangkan orang lain, mis bilang bhw kue buatan ibunya enak banget pdhl biasa aja. Ups… dalem banget ini
  • Jika anak >7 tahun terlalu sering #anakbohong, waspadai. Di atas 10 tahun masih sering bohong? Jangan2 berkembang jd compulsive liar😦
  • #anakbohong Di atas 7 tahun, alasan kebohongannya biasanya mirip dengan anak 4-7 tahun, tapi lebih canggih karena anak sudah lebih cerdas
  • #anakbohong Compulsive liar adalah mereka yg justru tak nyaman ketika menceritakan hal yg benar/jujur. Segera konsultasikan dng psikolog
  • #anakbohong Menurut ahli Talwar & Lee (2002) anak <8 tahun belum mahir bohong, jd usia <8 thn = usia emas tanamkan kebiasaan jujur
  • Jangan cuma sekedar menghukum, tp tak tawarkan solusi. Kalau hanya hukum saja, lain kali #anakbohong lebih canggih, cari cara tak ketauan
  • #anakbohong Contoh solusi: tawarkan kalimat > tepat, carikan cara belajar spy nilai >tinggi, sampaikan tak apa jk tak punya brg yg diidamkan
  • Apa yg mesti dilakukan supaya anak tak punya kebiasaan #anakbohong? Pastinya: contoh yg tepat. Tunjukkan kata2 ortu bisa dipercaya
  • Antisipasi lain supaya tak sampai #anakbohong, jika melihat ada kebohongan yg dilakukan orang lain, jelaskan bahwa itu salah, ortu tak suka
  • Gimana tangani balita #anakbohong? Karena biasanya tak niat bohong, maka jangan dimarahi / hukum, apalagi kalau itu pertama kalinya bohong
  • Jk ktk #anakbohong ortu langsung marah2 hebat & hukum, apalagi jika hukuman tll berat, esok2 anak usaha cari celah spy tak ketahuan bohong
  • #anakbohong A) Santai saja menanggapi, mis dengan sampaikan fakta. “Katanya bukan kamu yg habiskan kue, tp kok mulutmu penuh remah2 kue ya?”
  • #anakbohong B) Sampaikan fakta dengan tenang, intonasi rendah, tak perlu tunjukkan mata menyelidik apalagi marah.
  • #anakbohong C) Terimalah kesalahannya tanpa menyalahkan, mis “Lain kali kalau kamu yg habiskan, bilang saja, mama gak marah kl kamu jujur”
  • #anakbohong D) Betulkan sesuai fakta sambil perbaiki kalimatnya, mis, “Tante memberi kamu kado minggu lalu, Nak, bukan tadi siang.”
  • Jika anak 4-7 th #anakbohong E) daripada marah / menuduh, lebih baik tatap matanya dalam sambil sampaikan fakta yg diketahui dng tenang
  • #anakbohong …mis, “Ibu kemarin menemukan mainan di kamarmu, setahu Ibu itu punya temanmu, Adi. Kok bisa ada di kamarmu ya? Bisa cerita?”
  • #anakbohong F) Diamlah menunggu reaksinya, jangan dulu beri nasehat panjang lebar. Minta anak jelaskan
  • #anakbohong G) Jika ceritanya acak adul, mngk bohong. “Ayah kurang mengerti ceritamu, boleh tolong kamu ulangi lagi?” Cek konsistensinya
  • #anakbohong H) Kalau sudah mengaku, hargai. “Mama senang kamu sudah jujur. Ayo kita pikirkan gimana mengembalikan mainan itu.” Cari solusi
  • #anakbohong I) Jika terjadi lagi, maka beri hukuman. Tak sembarang hukuman. Tahan haknya, yg relevan tentunya. Berikan penjelasan, mis…
  • #anakbohong …”Karena kamu mengaku belajar padahal main tablet, maaf ya, tablet ini akan disimpan dulu sampai minggu depan.”
  • #anakbohong J) Jangan pernah melabel anak sebagai si pembohong, walaupun ia berulangkali bohong. Ia harus tahu bahwa ia bisa jujur!
  • #anakbohong K) Ingatkan saat2 ketika anak jujur, sampaikan bahwa ortu bangga sekali karena anak bisa jujur. Ortu ingin anak seperti itu.
  • #anakbohong L) Ingat2 bgmn aturan & komunikasi Anda selama ini, jangan2 sangat menyebalkan sehingga anak lebih memilih berbohong
  • #anakbohong M) Anak yg membual, mungkin krn kepercayaan diri bermasalah. Bantu cari sisi positifnya dan sampaikan kebanggaan ortu kpdnya
  • Nah, itu tadi kultwit #anakbohong, tentang sebab & penanganannya. Moga2 setelah ini ortu2 lebih bisa bikin anak lebih jujur yaaaa.

Jadi, kalau masih dalam batas normal dan juga melihat usia anak, ortu tidak perlu khawatir, asalkan kita kornsisten menceritakan atau membenarkan kembali fakta yang ada. Jika sudah terlanjur, kita bisa mengajarkan ke anak tentang enaknya jujur dan ga enaknya bicara bohong.

Semoga bermanfaat yaaa, n always be honest, children see children do😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s