#kidsNmoney

#kidsNmoney adalah tagar yang suka dibahas sama teh @mrshananto di twitter tentang anak dan uang.
image

Saya suka ngikutinnya, sekalian belajar untuk diri sendiri dan tentu saja menerapkannya pada anak-anak saya🙂 .

Suka kelimpungan ga klo anak koq minta jajan terus sik atau minta mainan terus tiap jalan-jalan ke mall. Atau malah kitanya sebagai ortu yang selalu menebar ‘ratjuuun’ nya alias sebenarnya itu hobi kita namun diatasnamakan untuk anak😀 .

‘children see children do’ sebenarnya anak-anak melihat bagaimana cara ortunya memperlakukan uang. Masih inget dunk yaa klo ortu adalah teladan untuk anak-anak nya. Jadi, mau seperti apa anak memperlakukan uang yaa sebagai ortu kita perlu mengarahkannya.

#kidsNmoney, anak belajar tentang :
*earning : anak perlu tahu, bagaimana cara menghasilkan/mendapatkan uang.
mis: bekerja sama orgtua, angpau, dsb

*giving : anak perlu tahu, dari uang yg didapatkan ada hak orang lain didalamnya.
mis: infaq, sedekah

*saving : anak perlu tahu, dari uang yg didapatkan ada yang perlu ditabung-disimpan-diinvestasikan utk kebutuhan-kepentingannya.
mis: beli gadget pertamanya, kendaraan pertamanya

*spending : yaaay ini bagian yang paling disukai anaaak (juga ortu yaa🙂 ). anak perlu tahu, bagaimana membelanjakan uang yg didapat, mana yg perlu-butuh mana yg tidak
mis: beli mainan, buku kesukaan

Buat yang baru mau memulai belajar #kidsNmoney bisa dimulai dari sekarang, mumpung pada masih fresh dunk yaa uang angpou anak-anak. Jadi, dari uang angpou ini kita bisa belajar macam-macam. Mau belajar neladanin tentang kepemilikkan, bisa dimulai dari uang angpau mereka, ini bisa termasuk kategori ‘earning’, karena anak menghasilkan uang, dan ini milik mereka lho yaa buibuuu🙂 . Mau belajar melatih anak buat keputusan, bisa dimulai dari uang angpau mereka juga, mereka memutuskan untuk apa saja uang yang mereka dapatkan.

Tentu saja, diiklankan tentang apa yang selanjutnya perlu dilakukan setelah mereka terima uang. Kalau saya selalu nanyaa,uangnya mau diapain, yang jelas dibagi 3, infaq, nabung(investasi), belanjain(beli sesuatu/jajan).

Dan tahun ini, mereka memutuskan untuk ga beli apa-apa, kakak mau nabung untuk gadget pertamanya, anak ketiga mau nabung untuk motor keren seperti om nya😀 . Jadi setelah dipotong untuk infaq, mereka memutuskan untuk menabung/menginvestasikannya, lalu sebagian untuk jajan mereka *iyaa, saya ibu ‘tega’, boleh jajan(di luar uang saku harian) tapi pakai uang sendiri..kalau saya mau bayarin ya saya bayarin, kalau ga yaa ga..jadi saya bisa lebih santai untuk urusan jajan kan*

Suatu ketika di bandara, anak-anak mau beli permen. Saya bilang, boleh saja, tapi coba liat dulu harganya, perlu ga sik untuk beli sekarang juga. Kemudian, anak-anak pergi ke stand market untuk melihat harganya, lalu menyebutkan harganya pada saya. Lalu, saya kembali bertanya, menurut mereka apakah harga sekian sesuai, apa ga lebih baik belinya nanti ketika tidak di bandara, tapi kalau mau tetap beli ya silahkan saja, keputusan tetap pada mereka, toh uang yang dipakai juga uang mereka. Akhirnya mereka memutuskan untuk ga membelinya di bandara. Laluuu…
“mmh kalau tadi kita beli di bandara cuma dapat satu yaa, kalau beli di sini kita bisa dapat dua daan jajanan lainnya..” dan mereka pun senang😀 , dengan uang yang nominal sama mereka belajar tentang ‘spending’

Yang terpenting dari #kidsNmoney anak bisa belajar apa yang diperlukan/dibutuhkan. Iya, balik lagi ke anak vs dewasa. Tujuan ortu kan ingin anaknya menjadi dewasa kan ya, salah satu nya dewasa memperlakukan uang.

Happy spending🙂

2 thoughts on “#kidsNmoney

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s