Kamus Ortu

Sekarang bukan lagi zamannya tabu untuk membicarakan sex sama anak. Meski untuk memulainya tentu saja memang bukan hal yang mudah.

Seperti di saat keluarga bilang penis dengan ‘burung’ atau vagina dengan ‘dompet’ . Dari situ saja berbagai macam lirikan sudah ada🙂
Karena di keluarga kami, saya khususnya, memulai untuk menamakan sesuatu sesuai namanya saja. Memang awalnya sedikit kelu dalam pengucapannya, tapi mungkin karena belum terbiasa saja.

Selain itu, pernah ga sik, tiba-tiba anak kasih pertanyaan di luar yang kita bayangkano_O
Misal, “Miii, aku asalnya dari mana siik”
Emak parno macam saya pastilah keringet dingin pas ngadepin anak bertanya seperti itu. Lalu ketika ditilik lebih lanjut lagi..
“iyaa, Mii..tadi temenku nanya, dia asalnya dari Malang, kalau aku darimana”
Hohohoho😀

Beberapa waktu yang lalu pernah ikut seminar bu Elly Risman, ada tips dari beliau ketika perlu menjawab pertanyaan anak.
Seperti gambar di bawah ini,
image

Tips tsb, berguna banget untuk menghadapi pertanyaan macam di atas. Terutama, cek pemahaman anak, paling ga dengan ini kita bisa tahu apa sik yang dimaksud dengan anak kita.

Di rumah, saya menyediakan kamus tentang sex *heeh buat apa* bagi saya, pilihannya, anak tahu dari rumah-ortu atau anak tahu dari orang lain-media lain.

Anak saya paling besar, umur 9th, pastinya sedang punya keingintahuan yang banyak, semakin besar umur, pergaulan dsb, informasi yang didapat juga beragam.
Sebagai orangtua, tugas kita salah satunya sebagai kamus anak, apa sik yang dibutuhkan anak ketika dia dihadapi dengan berbagai macam keingintahuan.
Misal, “Mii, apa sik gay itu..klo lesbi apaa..klo masturbasi apaa..”*lap jidat*o_O
Kalau ortu saya dulu, mungkin saya bakalan ‘dimarahin’ ngapain nanya-nanya gituan😀. Kalau zaman sekarang, anak dimarahin, konsekuensinya mereka akan nyari info tsb di tempat lain atau orang lain yang kadang bisa saja hal tsb dimanfaatkan untuk memberikan info yang salah.

Menurut bu Elly, apapun pertanyaan anak, selalu kunci dengan norma agama. Karena sekarang kita sedang ‘panen’ dengan hal-hal yang menyesakkan hati dan jiwa.

Pembicaraan lain tentang sex adalah menjelang aqil baligh anak-anak. Ini perlu persiapan jauh hari sebelum saatnya tiba. Menstruasi bagi anak perempuan, mimpi basah bagi anak laki-laki.
Saat anak perempuan menstruasi, maka saat itu pula organ reproduksinya berfungsi, begitu pula ketika anak laki-laki mimpi basah. Lebih dari itu, mereka sudah wajib dalam menjalankan ibadah wajib.
Apa mungkin, pendidikan sex seperti itu baru dimulai ketika anak sudah aqil baligh, ketika kewajiban sudah wajib mereka jalani.

Kamus ortu untuk pendidikan sex di rumah, saya memakai kamus ensexclopedia dari yayasan kita dan buah hati (bu Elly Risman) begitu juga dengan bookle nya yang berisi 4 judul.
image

Buku Ensexclopedia :
Buku ini berisi masalah pubertas dan seksualitas remaja, yang dibahas tuntas guna memuaskan keingintahuan pra remaja dan remaja mengenai seksualitas mereka. Tubuh mereka sendiri. Misalnya, kenapa perempuan bisa hamil, bagaimana cara membersihkan alat kelamin dengan benar. Bahkan ada juga penjelasan mengapa kalau laki-laki melihat perempuan, alat kelaminnya menjadi tegang

Booklet (isi 4judul)
When I Fall In Love
Yayasan Kita dan Buah Hati (Author)
Education, Parenting, Booklet (Categories)
Synopsis
Buku ular kuning-oranye ini berisi semua perihal pacaran. Anak jaman sekarang sudah sangat sulit menghindari pacaran. Buklet kecil ini akan menjelaskan kenapa pacaran gak boleh dengan cara yang sangat ok.

It’s A Girl Thing
Yayasan Kita dan Buah Hati (Author)
Education, Parenting, Booklet (Categories)
Synopsis
Buklet kecil atau biasa kita namai dengan buku ular ini (karena setelah dibuka akan panjang seperti ular) diperuntukkan bagi anak perempuan. Berisi penjelasan pertanyaan anak mengenai berbagai hal seputar pertumbuhan anak perempuan menuju masa remaja. Ulasan tentang menstruasi, pemakaian bra, keputihan, kehamilan sampai tingkah laku yang agak ke tomboy-tomboy-an, lengkap ada disini. Bagi orang tua yang memiliki anak perempuan, segera dapatkan bukletnya!

For Boys Only
Yayasan Kita dan Buah Hati (Author)
Education, Parenting, Booklet (Categories)
Synopsis
Buklet ini diperuntukkan untuk anak-laki yang mengulas tentang tanya jawab permasalahan yang umumnya dialami oleh mereka. Persoalan yang dimulai dari jatuh cinta, di bully teman, isu homo dan lesbi sampai seputar masa puber. Bagi orangtua yang memiliki anak laki-laki…. wajib baca!

Hindari Balita dan Anak Kita dari Kekerasan Seksual
Yayasan Kita dan Buah Hati (Author)
Education, Parenting, Booklet (Categories)
Synopsis
Ini adalah buklet perdana kami. Buklet warna warni ini menjelaskan cara menghindari anak kita dari kekerasan seksual, yang sekarang ini semakin marak. SEMUA orangtua wajib punya!

Nah, buat yang perlu atau merasa butuh dengan kamus ini, bisa pesan melalui saya. Kejadian baru-baru ini di sebuah sekolah, paling tidak menjadi ortu lebih melek lagi, mau untuk belajar lagi, mau menjadi kamus pertama untuk anak-anaknya. Dan buku n booklet dari yayasan kita dan buah hati sangat membantu untuk itu, sehingga banyak ortu yang memesannya.
Yang berminat bisa kirim email ke ummunadia[at]gmail[dot]com dengan menyebutkan nama, alamat, hp, jml pesanan. Subject ditulis “pesan buku YKBH”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s