Talk Bout Saham Syariah..

Belajar tentang investasi lagi yuuk..

Setelah pernah ngebahas reksadana. Sekarang ngebahas tentang saham (syariah). Buat awalannya, setelah minta tolong untuk jelasin tentang saham syariah, kemarin planner Pak @ahmadgozali maparin deh tuh, apa itu saham syariah.

Apa itu saham? Saham adlh surat berharga yg mewakili kepemilikan suatu perusahaan. Punya saham = punya (bagian) perusahaan. #SahamSyariah

Investasi surat berharga, secara syariah boleh diperjualbelikan dgn 2 syarat: 1.mewakili aset, 2.dilakukan dgn cara yg tdk melanggar syariah

Krn saham = perusahaan, maka saham boleh diperjualbelikan. Tentu perusahaannya adlh perusahaan yg bergerak di bidang yg halal.

Selain produknya halal, manajemennya juga tdk melanggar syariah, dan ada syarat rasio hutang tertentu. #sahamsyariah

Saham perusahaan rokok, gak masuk. Saham bank/asuransi konven gak masuk. Saham perusahaan yg banyak hutang, gak masuk juga. #SahamSyariah

Untuk lbh mudahnya, sdh ada daftar #SahamSyariah yg dikeluarkan oleh Bapepamlk (skrg OJK). Daftarnya direvisi tiap 6 bln.

Daftar #SahamSyariah ini masuk dlm Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Bisa didonlot sbg panduan kita berinvestasi di bursa saham.

Jadi sdh jelas ya, yg diperjualbelikan (saham) sdh oke jika memenuhi syarat. Mudahnya, liat aja deh ISSI. Gak usah audit2 sendiri, repot🙂

Nah skrg syarat kedua, sahamnya diperjualbelikan dgn cara yg tdk melanggar aturan jual beli secara syariah. #SahamSyariah

Aturan jual beli secara syariah sebetulnya ya sesuai common sense aja. Yg jual punya barang, yg beli punya uang, jelas harga & term lainnya.

Praktek yg jelas gaboleh: beli margin saham, goreng2 saham, cornering, short-sale, insider trading, dll. #SahamSyariah

Dilarang juga beli saham tapi duitnya minjem ke broker. Karena pasti dikenakan bunga sama brokernya. #SahamSyariah

Klo jual-beli saham yg “lurus-lurus” aja. Cash, gak pake hutang, gak pake rekayasa…. Aman deh. #Sahamsyariah

Nah skrg bgmn caranya invest #SahamSyariah? Tuk jual-beli saham di Bursa Efek Indonesia, hrs melalui broker/pialang saham.

Jadi, silakan buka rekening di perusahaan pialang saham yg resmi. Nanti transaksi bisa dilakukan sendiri dgn aplikasi atau telp brokernya.

Bbrp pialang sdh membuat aplikasi trading bursa yg syariah compliance. Saham yg tdk syariah dikasi tanda coret merah. #SahamSyariah

Jika kita transaksi yg melanggar aturan syariah, aplikasi tersebut akan memberi peringatan. #SahamSyariah

Broker yg baik, selain bantu jalankan transaksi, juga bisa kasi advice. Tapi ingat, keputusan ttp di tangan investor. #SahamSyariah

Udah segitu aja dulu bahasan #SahamSyariah, setelah dzuhur saya akan bahas pertanyaan yg masuk. 1 pertanyaan bisa panjang jawabnya🙂

Yup, segini dulu belajarnya yaa. Nanti kita lanjut lagi😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s