“Ibu, Nyalem Aman, Yuuk!”

Postingan ini #notetomyself bangeeet..

Jadi, ceritanya ada berita kekerasan lagi yaa pada anak, yang dilakukan oleh IBU. Kalau denger atau liat berita kya gini, tau sik, kasian anak, tapi di sisi lain, tau juga sik si ibu mungkin lagi ‘penuh’ banget pikirannya.

Kata KPAI “kekerasan tdk boleh tjd. Negara skrg blm bgitu perhatian thd perlindungan anak. 78% pelaku kekerasan thd anak adalah IBU.ironis #adit”

Setelah kenal #ruasdito setahun belakangan ini. Stress, emosi yang dialami seseorang, IBU khususnya, karena si IBU kurang untuk menyalurkan emosinya (dengan aman). Definisi aman itu sama seperti ketika kita belajar kecewa, tidak menyakiti diri sendiri, orang lain, atau merusak barang. Klo istilah nya Bunda Mona, rekreasi hati.

PR banget yaa buat para IBU untuk bisa nyalem (nyalurin emosi) yang aman, termasuk saya lho. Saya juga sukak niiiy, nyalem ke anak T_T, apalagi kalau kurang tidur ato PMS, hadooooow berasa seperti singa mengaaauuuum T_T.

Kalau udah begini, biasanya saya minta waktu untuk ga deket-deket sama anak-anak dulu. Kalau mereka tetep keukeuh mau deket-deket, biasanya saya cerita apa yang tengah terjadi sama saya. Biasanya klo udah cerita jujur gini, lebih legaan, anak juga jadi tahu. Truz akhirnya ga ngaum lagi singanya *lanjut tidur soalnyaa*😀

Karena itu IBU perlu untuk mencari ‘bahagia’ nya, yang aman untuk nyalurin emosi nya yang lagi ‘penuh’. Atau ‘bahagia’ dengan rekreasi hati seperti versi Om Ge.

Ketika kita diberi kepercayaan sama Alloh untuk dititipi makhlukNya, bukan lagi urusannya siap atau ga, mampu atau ga, bisa atau ga. Alloh ngasih, itu tandanya kita siap, mampu, dan bisa, menurut Alloh. Tinggal bagaimana kita menyikapinya, mau atau ga jadi orangtua, IBU khususnya.

Selamat ‘nyalem’ yaaa, IBU, dengan bertanya sama diri sendiri, mau ga sik jadi orangtua..

5 thoughts on ““Ibu, Nyalem Aman, Yuuk!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s