Si Berat Badan..

*tulisan yang tertunda 1 bulan lamanyaaaa-sigh*

Siapa yang kalau berat badan (BB) anak (bayi) nya ga naik dalam sebulan, langsung ‘cemas’ *ngacuuunnggg*

Jadi ceritanya, Najma (10 bulan koreksi 8,5 bulan) pas bulan kemarin BB nya ga naik. April-Mei, 1 bulan, BB nya ga naik sama sekali, tetep aja gitu 6,5 kg. DSA nya bingung, apalagi emaknya, ketar ketir apa kata DSA nya nanti pas lagi nimbang nunggu antrian masuk..

“haduuuh, koq bisa ga naik sik” *yaa kenapa ga..?* -_-‘

Bukan apa-apa, ketiga anak saya yang lain dalam 1 bulan selama usia <6bulan BB pasti naik skitar 1 kg, setelah itu baru berkurang tapi hingga umur 1 tahun, BB pasti naik. Sebagai anak yang di awal memang BB nya naik turun , jadi masalah BB ini emang suka bikin kebat kebit. Setelah dari rumah sakit, baru kali ini sik BB nya yang ga naik sama sekali. Cumaa tetep aja jadi pertanyaan. Akhirnya DSA bilang

“saya bingung ini Bu, kenapa ga naik sama sekali. Coba susu formula BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) ya Bu..”

Ga lama dari rumah sakit bulan lalu, beberapa hari kemudian @id_ayahasi ngebahas tentang #puphejo , tadinya sik baca sambil lalu aja. Pas baca TAPI,umumnya #PupHejo adalah tanda bahwa proses menyusuinya kurang baik terutama pada pelekatannya,meski BBnya naik” langsung deh cari tahu, karena memang beberapa minggu terakhir pup Najma berwarna hijau. Tadinya saya cuma mikir, mungkin saya kelamaan niy nyebokinnya.

Niy, saya copas pembahasan tentang #puphejo nya, mungkin bermanfaat :

selamat pagii..suka bertanya2 ga kenapa pup bayi bisa berwarna hijau? bahas yuk ah

hayuklah kita bahas seputar pup bayi yg berwarna hijau, kali ini dalam lakon #PupHejo

sadar ga sih pas punya bayi kita jadi terlalu detail melihat tingkah laku bayi? #PupHejo

mulai detail perhatiin frekuensi pup,warna,bau,tekstur dan lainnya…kl aneh dikit pasti khawatir #PupHejo

nah, gitu juga biasanya sama #PupHejo inih..kenape sebenarnye pup bayi bisa berwarna hejo? #PupHejo

Oh iya,bahasan ini lebih khusus buat bayi usia 0-6 bulan yg ASI aja yah,kl udah MPASI bisa pengaruh dr makanan soalnya #PupHejo

warna pup yang baik adalah kuning,kuning keemasan, kuning kehijauan baunya manis dan lucu gitu juga mudah keluarnya #PupHejo

Jika sudah campur dgn formula atau MPASI tentu akan berubah,cenderung kaya pup orang dewasa #PupHejo

beberapa penyebab pup bayi warnanya ijo menurut http://babycentre.co.uk  adalah sebagai berikut.. #PupHejo

1.Si bayi terlalu banyak mendapatkan foremilk dibanding dengan hindmilk,perbaiki cara menyusuinya #PupHejo

penjelasan ttg foremilk dan hindmilk bisa liat di http://bit.ly/13phzIG 
#PupHejo

2. #PupHejo bisa jg karena reaksi si bayi thdp obat2 yg dia konsumsi atau yg ibu konsumsi #PupHejo

3.#PupHejo bisa jg karena pencernaan bayi sensitif thdp bbrp jenis makanan yg dikonsumsi ibu

gejala yg bisa muncul ketika sensitif pada asupan ibu selain #PupHejo adalah ruam atau eksim pada kulit si anak

4. #PupHejo bisa juga pertanda kalo si bayi ada infeksi di pencernaan apalagi kalo dibarengin dgn diare

TAPI,umumnya #PupHejo adalah tanda bahwa proses menyusuinya kurang baik terutama pada pelekatannya,meski BBnya naik

Jika pelekatannya kurang baik,besar kemungkinan si bayi ga dapet hindmilk secara maksimal #PupHejo

Hindmilk ini jg yg menyediakan banyak kalori dan mengenyangkan si bayi,sementara foremilk ada sedikit lemak #PupHejo

Jika bayi lebih banyak mendapatkan foremilk,biasanya akan lebih cepat lapar dan minta nenen terus #PupHejo

Ini berarti dalam 24 jam si bayi bisa minum ASI jauh lebih banyak dibanding jika pelekatannya sempurna #PupHejo

Jika ini terjadi,tubuh bayi bisa saja ga sanggup mengolah jumlah laktosa (gula pada ASI) yg terlalu banyak masuk #PupHejo

Jika bayi ga sanggup mencerna laktosa yg terlalu banyak tadi,jumlah air dan gas akan meningkat di pencernaannya #PupHejo

hal ini bisa sebabkan kram di perut, kembung dan yang paling sering adalah pup berwarna hejo #PupHejo

Eh tapi jangan panik dulu, solusinya gampang kok,temui segera konselor laktasi dan belajar pelekatan dgn baik #PupHejo

asal ga berlangsung sering, #PupHejo yang sesekali muncul masih terbilang wajar

Biarkan bayi yg memimpin jika sedang menyusui,biarkan dia puas dulu pada satu payudara #PupHejo

Jangan biasakan pindah2 payudara dalam waktu singkat ketika menyusui #PupHejo

Jika pelekatan baik,bayi yg memimpin ketika menyusui maka bisa dipastikan ia mendapatkan foremilk dan hindmilk #PupHejo

Jika pelekatan baik,bayi akan berhenti sendiri ketika dirinya sudah kenyang..pastikan juga ia tidak ngempeng #PupHejo

Demikian, semoga bermangpaat yak, nah skrg bagi2 poto #AyahASIonWeekend dong🙂 #PupHejo

Setelah baca lanjutan #puphejo nya langsung deh berasa, apalagi memang Najma rasanya jadi nen*n terus-terusan, rasanya koq laper terus, padahal udah lama banget nyusunya, selain itu terlihat juga kalau dia hanya ngempeng saja, akibatnya kalau saya mau ngerjainnya yang lain dia jadi nangis terus gitu. Oia, Najma sudah mulai makan juga di awal April (7,5 bulan) 1 bulan perkenalan makanan.

Dari #puphejo akhirnya saya coba tarik kesimpulan ‘sotoy’ sendiri😀 di lihat dari apa yang dialami oleh saya dan Najma.

Pelekatan menyusui saya ‘kurang baik’ meski rasanya baik-baik saja, yang di lihat dari put*ng yang tidak mengalami lecet. Sehingga yang diterima Najma hanya foremilk saja, apalagi ketika menyusui juga saya sering berganti-ganti, jadi kemungkin untuk mendapatkan hindmilk sedikit sekali. Dari jumlah yang masuk ke dalam dengan apa yang dikeluarkan oleh tubuh mungkin rasanya kalau jumlah seimbang, sehingga BB Najma ga naik sama sekali.

Dari kesimpulan ‘sotoy’ itu akhirnya saya mulai dari memperbaiki pelekatan ketika menyusui. Membiarkan Najma puas (mengosongkan) di satu nen*n dulu baru berganti dengan yang lainnya. Selain itu asupan makanan juga di cari yang bisa meningkatkan BB. Saya juga beli susu BBLR, tapi Najma ga mau.

Alhamdulillah, setelah melakukan perbaikan yang ada, pup Najma ga hejo lagi😀 . Pas coba timbang minggu lalu, BB nya 6,9kg naik 400gr. *masih di bawah harapan sik -_-‘ * akhirnya nanya Jeng Kirana, kemudian dikasihlah chart pertumbuhan BB olehnya, seperti gambar di bawah :

Di sana bayi perempuan usia 6-9 bulan pertambahan BB antara 350-1500gr *baiklah masihdalam batas kewajaran*, Alhamdulillah.

Terimakasih buat @id_ayahasi buat informasinya. Semoga yaa sharing cerita saya tentang #puphejo bisa saling memberi informasi.

Yang penting, semoga Najma sehat teruuus ya Maaa..aamiin.

6 thoughts on “Si Berat Badan..

  1. melania says:

    Dulu nadhiifa (anakku yang lahir 29-30 minggu) kayak gitu juga sih, tapi aq coba pake pumping biar nyampur hindmilk n foremilknya #analisasotoy wkwkwk… tapi alhamdulillah sih ngaruh juga😀

    • umnad says:

      tiap punya anak selalu berasa baru punya anak terus😀 jadi belajaaar truz n dpt ilmu baru..
      mknya setelah ini ga tau deh, apakah bakalan ktinggalan byk bgt ilmu tentang perbayian😀 *akibat tutup produksi*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s