Kiat Membangunkan Anak untuk Sahur

Alloohumma baariklanaa fii Rojaba wa Sya’ban, wabaariklanaa Romadhon

Artinya :
Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sebentar lagi, kira-kira 2 bulan lagi. Di keluarga kami ‘iklan’ tentang bulan Ramadhan pada anak-anak dimulai sejak bulan Rajab. Untuk 2 anak terbesar ‘tinggal’ diingatkan kembali, tentang ‘indah’ nya Ramadhan yang lalu-lalu. Tahun ini, Husain dipersiapkan untuk berpuasa juga.

Tiap anak tuh beda-beda kesiapan untuk berpuasanya. Kalau Nadia, bisa puasa penuh di kelas 1 SD, Hasan sudah bisa di TK.A, Husain kita liat nanti. Meski begitu, kegiatan di bulan Ramadhan sudah dikenalkan dari mereka kecil, misal ketika bangun sahur, mereka juga dibangunkan, ketika tarawih, mereka juga diajak, dan sama-sama menyiapkan makanan untuk berbuka, meminta bantuan mereka untuk memberi makanan pada tetangga dsb.

Berikut, ada kiat-kiat membangunkan anak untuk sahur oleh Bu Ery Soekresno :

  1. Siapkan anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan sejak bulan Rajab. Sejak bulan Rajab orangtua sudah mulai mengondisikan anak. Jelaskan kepada anak apa itu puasa.
  2. Sebelum di latih cek dulu kematangan anak “Apabila anak telah bisa membedakan tangan kanan dan tangan kiri, ajaklah dia untu sholat” (HR.Thabrani). Jika anak sudah bisa seperti itu, secara psikologis sudah siap untuk di latih berpuasa.
  3. Buatlah perjanjian dengan anak sebelum tidur, ingatkan anak bahwa esok pagi akan makan sahur. Apakah ada keinginan khusus, misalnya pudding, atau jus kesukaannya. Bantu anak dengan do’a agar mudah dibangunkan pada waktu sahur.
  4. Jika anak biasa dibacakan cerita sebelum tidur, carilah cerita yang berkaitan dengan bulan Ramadhan untuk sekaligus mempersiapkan anak bangun tidur.
  5. Ajaklah anak untuk tidur lebih awal agar lebih mudah dibangunkan, dan anak tidak kekurangan jam tidur.
  6. Bangunkan anak ketika semua makanan sudah tersedia.
  7. Bangunkan anak dengan makanan kesukaannya. Variasikan makanan agar anak tidak bosan. Jus buah baik untuk menghindari dehidrasi. Anak-anak kadang kurang suka air putih. Kalau anak menolak minum susu, berikan ia saat buka puasa.

Jadi, siap mengajak anak untuk puasa tahun ini? Insya Alloh🙂

4 thoughts on “Kiat Membangunkan Anak untuk Sahur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s