Ketika Anak Ujian..

Siapa yang disini ikutan deg-degan kalau anaknya lagi ujian (UTS/UAS)😀 *pukpuk-beenthere*

Pertama kali Nadia ngalamin ujian pertamanya di kelas 1, ikutan stress, deg-degan, padahal anaknya yang mau ujian kalem aja gitu. Nyuruh nemenin dia belajar dsb, besoknya tiap pulang sekolah ditanyain gimana ujiannya bla bla bla dan selalu di jawab, “gampang, Mi…”😀 Alhamdulillah kebukti sik dari hasil-hasilnya.

Rasa kya gini berlanjut ketika anaknya naik ke kelas 2. Waktu di kelas 1, masih mau di ajak belajar, di kelas 2 mulai kejar-kejaran kalau di ajak belajar “Mi, yang sekolah kan aku..kalau nilaiku jelek kan aku yang ngerasain…” yup it’s JLeb moment😀 ditambah dengan ‘persetujuan’ dari suami “ya udah Mi, abi percaya sama kemampuan anak abi..” pas curcol tentang anaknya yang ga mau belajar.

Owkeh, sejak saat itu ga pernah lagi ‘pusing’ ketika anak mau ujian. Sebagai ibu, tugas saya mendoakannya agar selalu diberikan yang terbaik sama Alloh. Karena ‘pusing’ nya saya kemarin-kemarin adalah ketika harus menghadapi pertanyaan dari pihak lain jika nilai anak tidak ‘bagus’, berhubung pak suami juga sudah membuat ‘persetujuan’ seperti itu jadi memang sangat melegakan saya😀

Kenapa lega?  Karena waktu sekolah dulu, orangtua saya ga pernah nyuruh-nyuruh belajar gitu, jadi memang berasa kita belajar karena kita yang butuh bukan karena disuruh. Dan inginnya sekarang juga diterapin ke anak gitu, mereka belajar karena mereka yang butuh.

Sekarang Nadia kelas 3, dan Hasan kelas 1, mereka sedang UTS semester genap. Nikmatnya Hasan yang ga ngalamin kejar-kejaran sama umminya pas ujian😀 .

Caranya kompakkin hati sama kepala lalu memberi saja, percaya saja. Ketika ini dijalanin, harus sudah siap dengan apa terjadi menyangkut nilai anak. Alhamdulillah, sejauh ini ga ada ‘masalah’ nilai, kalaupun ada nilai yang memang agak sedikit di bawah dari nilainya yang lain, ini bisa dijadikan sebagai bagian dari proses belajar mereka.

Kalau Nadia kemarin bilangnya “Mi, aku ga belajar nilainya segini, kalau aku belajar bisa lebih lagi kali yaa Mi…” :’)

Mudah-mudahan bisa terus jadi fasilitas belajar untuk anak-anak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s