Pelajaran Baru..

Saya baru saja melahirkan anak ke-empat. Melahirkan di usia 33 minggu kehamilan, membuat anak saya lahir premature dengan bb 1,805 kg. Sesaat setelah lahir, bayi saya langsung dimasukkan ke NICU (Neonatal ICU) tanpa saya dapat melihatnya untuk pertama kali di ruang operasi. No IMD, No touching, No seeing😥

Setelah 12 jam dari operasi, saya diperbolehkan untuk ‘belajar’ jalan. Saat itu, yang ada dipikiran saya adalah saya harus bisa cepetan ‘belajar’ jalan, karena saya ingin segera melihat bayi saya di ruangan NICU (letaknya di lt.4, sedangkan kamar saya di lt.3). Saya harus recovery lebih cepat, agar bayi saya juga recovery cepat.

Sayang, saat itu bayi saya tidak dibolehkan untuk minum ASI. Istilah dari petugas medis adalah bayi nya puasa. Dari tiga pengalaman menyusui kakak dan abang-abangnya, saya bisa langsung menyusui mereka tanpa halangan apapun. Jadi ketika hal ini terjadi saya benar-benar tidak tahu apa yang harus saya lakukan.

Dokter dan suster yang merawat bayi saya menyarankan untuk memompa ASI saya, agar payudara tidak bengkak yang bisa menyebabkan berbagai macam keluhan. 1 hari saya coba tahan ASI yang semakin bengkak ini, saat itu yang saya pikirkan..

“duh, kolostrumnya gimana klo di pompa..” “anakku tetep bisa minum kolostrumnya ga yaaa..” soalnya kolostrum itu hanya ada di awal ASI saja kan..

Hari kedua, Bismillah, saya pompa juga ASI yang mengandung kolostrum, dan saya titip di kulkas ruangan NICU. Semakin saya pompa, produksi ASI makin bertambah, 20ml, 60ml, 80ml, 100,ml, 200ml, 250ml, hingga 300ml tiap kali pompa.

Hari ketiga, Alhamdulillah, saya diperbolehkan pulang oleh dr.spog, tetapi tidak dengan bayi saya yang masih puasa. Sepulang dari rumah sakit, saya paksakan suami saya untuk membeli segala perlengkapan untuk ASIP (ASI Perah) juga apa yang harus dilakukan dengan ASIP, yang sebelumnya saya baca di MD tentang manajemen ASIP . Manapun saya abis operasi, keliling mall untuk mencari perlengkapan tersebut, meski sudah saya sodorkan gambar-gambarnya ke suami, tapi koq khawatir akan salah beli, jadilah saat itu saya kuatkan untuk berjalan demi ASI anakku.

Saat itu saya sadar, saya dan suami memulai pelajaran baru yaitu tentang ASIP. Meski bisikkan-bisikkan #emakirit selalu ada, karena anak saya ini adalah anak terakhir saya. dr. spog memutuskan untuk mensterilkan (tubektomi) saya karena resiko kehamilan yang makin tinggi. Tapi yaaa namanya ibu, saya buang jauh-jauh bisiskkan-bisikkan #emakirit itu.

Saya pikir, perlengkapan ASIP yang sudah lengkap, jika kurang, suami sudah bisa diandalkan untuk membeli barang-barang yang saya maksud. Dari mulai plastic ASI yang BPA Free, botol plastic yang BPA Free, juga botol kaca ASIP. Membuat saya tenang sedikit, dan tidak hanya itu, suami juga yang senantiasa membersihkan alat pompa juga botol-botol yang ada dan mensterilkannya juga. Kita saling bekerja sama ditengah kesedihan yang melanda karena bayi kami masih di NICU. Saya berusaha untuk menjaga emosi agar ASI tetap lancar keluarnya.

Namun, permasalahan lain muncul, yaitu sisa-sisa ASI yang tidak keluar semua menyebabkan payudara saya bengkak. Saya raba, di dekat ketiak saya muncul benjolan yang jika ditekan sakit sekali. Suster menyarankan untuk pijat laktasi atau datang ke klinik laktasi. Lagi-lagi MD menjadi andalan saya, Alhamdulillah ada artikel yang membahas tentang pijat laktasi. Saya praktekkan, suami juga tak segan membantu untuk memijat punggung ataupun payudara saya untuk mengurangi rasa sakit yang melanda. 2x sebelum mandi pagi dan sore saya melakukan pijat tsb, Alhamdulillah benjolan sudah hilang, dan ASI memancar semakin deras.

Alhamdulillah, di hari ke-9, bayi kami diperbolehkan untuk minum ASI melalui selang. Mulai dari 5cc/6 jam hingga 25cc/3 jam di hari ke-16 melalui dot. Stok ASIP di freezer semakin banyak, beberapa ada yang saya titipkan di rumah kakak suami, apalagi kemarin sempat ada pemadaman bergilir selama 6 jam, Alhamdulillah ada pemberitahuan sebelumnya, jadi sudah bisa diantisipasi.

Breastfeeding.. it’s worth fighting for..I’m in!! anak kami yang bb lahir 1,8kg sempat turun di 1,5kg karena puasa selama 8 hari, setelah di beri ASI bb nya beranjak naik, tentu ini adalah salah satu hasil dari pelajaran baru yang kami lalui..

Mohon doanya untuk bayi kami, semoga dapat segera berkumpul di rumah bersama kami sekeluarga. Aamiin.

8 thoughts on “Pelajaran Baru..

  1. melania says:

    ini ingga kan? TE 99 STT Telkom?
    mau share juga… anak keduaku juga premature 31 minggu 1,8 kg…
    sekitaran 3 minggu di NICU… dan selama itu bolak balik nentengin ASIP…
    Pake selang kan ya?… soalnya kalo bayi NICU yang BBLR mau ga mau pake selang untuk langsung masuk ASI nya ke lambung… untuk menghemat tenaganya dia menelan… jadi tenaganya dipake buat ngegedein badan…
    yang sabar ya ngga… iA biasanya sampe BB bayi 2 kg udah bisa keluar dari NICU kok….
    3 anakku semuanya premature… 36 minggu, 31 minggu, 33 minggu… cumaa yang ketiga 33 minggu karena dari history kakaknya yang semua premature… jadinya ngegedein badan bayinya di awal bulan… alhamdulillah beratnya 2,1 kg… jadiii ga usah masuk NICU….
    insyaAllah bayi premature yang BBLR itu cuma masalah beratnya kurang n lahir duluan kok… ke depannya insya Allah sama aja ama perkembangan bayi yang lain…

    • umnad says:

      iyaaa, aku ingga TE ST3..
      *peluuuks* aku yg baru ngalamin 1 anak aja udah gini rasanya, gimana dirimu *maluu, mau ngeluh banyak2 jugak*😥
      Aamiin, smg kedepannya baik-baik semua, sehat selalu..*peluk lagi*

  2. Myra Anastasia says:

    selamat ya mbak.. sekedar crt mbak.. Anaknya temen sy juga ada yg lahir prematur.. BBnya hanya 1,1 kg.. Dokter prediksinya udah serem aja.. Katanya si anak gak akan hidup lama, paling cuma 2 th. Kl pun panjang kemungkinan akan mengalami bbrp keterlambatan krn kondisi lahirnya spt itu..

    Tp alhamdulillah skrg si anak udah berumur 8,5 tahun. Sehat walafiat. Gak ada kurang apapun.. Kl saya ty sahabat sy, resepnya hanya memberi kasih sayang ke si anak. Krn temen sy percaya kasih sayang mampu melindungi anaknya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s