Seminar Oh Seminar..

Dalam 2 minggu mengikuti 2 seminar, parenting dan pendidikan.

Too much information will kill you😀 sepertinya bener banget,kebanyakan informasi yang didapat kadang bikin parno sendiri. Bikin ga PD juga karena ngerasa sudah banyak melakukan kesalahan. Tapi yang terpenting adalah kemauan kita sendiri untuk mau mengubah diri ke arah yang lebih baik lagi.

Seminar pertama tentang parenting “PD Bicara Seksualitas Pada Anak” pembicaranya adalah Ibu Elly Risman. Seminar yang kedua tentang pendidikan “Menjadi Manusia Juara dan Bahagia” pembicaranya Bapak Munif Chatib dan Ibu Dewi Yogo Pratomo.

Dari kedua seminar ini, kalau bisa saya ambil garis besarnya bahwa anak kita adalah amanahNya. Anak kita adalah manusia bukan robot.

Anak kita adalah amanahNya, karenanya kita sebagai orang tua bertanggung jawab penuh atasnya yang kelak akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat. Dan pembicaraan tentang seksualitas pada anak sama sekali tidak bisa diserahkan pada orang lain. Ini merupakan tugas orang tua untuk mengisinya.

Anak kita adalah manusia bukan robot. Sesungguhnya anak kita adalah manusia kecil, apa yang kita rasakan juga dirasakan oleh mereka. Kita merasakan lelah, merekapun juga merasakannya. Suka, senang, sedih, duka mereka pernah merasakannya juga, hanya kadang kita yang tidak peka pada apa yang mereka rasakan.

Setelah mengikuti seminar-seminar ini berasa PR saya sebagai orangtua koq banyak banget yaaa😀. Karena yang mengikuti seminar adalah diri saya seorang tanpa suami yang juga ikut serta, tentu ada PR yang paling utama, yaitu, menyamakan pandangan kami sebagai orangtua, yang kemudian membuat rencana-rencana atau tahapan-tahapan kegiatan yang harus disampaikan atau dilakukan dengan anak. Mengubah dan menyamakan paradigma sebagai orangtua dalam hal memandang anak.

Sebelum berkomunikasi dengan anak maka berkomunikasi lebih dahulu dengan pasangan. Dan bagi saya, mencari waktu untuk bicara ini yang sulit, atau kepercayaan suami yang menyerahkan masalah pendidikan ini pada saya seorang membuat saya tidak tahu harus melakukan apa. Sedangkan bagi saya, mendidik anak adalah tugas ayah juga ibu sebagai orangtua . Ayah dan ibu yang saling bersinergi, saling mengisi satu sama lain untuk ‘mengisi’ anak.

Bicara tentang anak memang ga ada habisnya. Menjadi orangtua juga bukan perkara mudah, tidak ada sekolahnya tapi kita harus punya ilmunya.

Dengan ilmu yang kita punya dalam mendidik anak-anak kita sekarang tentu kita semua punya harapan jika generasi mendatang akan menjadi generasi yang lebih baik lagi. aamiin

One thought on “Seminar Oh Seminar..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s