Tujuh Prinsip Mendidik Anak Laki-laki

Siapa yang punya anak laki-laki? *sayaaah-ngacung lagih*😀 Saya selalu mikir, mendidik anak laki-laki itu tidak sesulit mendidik anak perempuan *mendidik bisa diganti juga dengan menjaga* padahal yaa, yang bakalan nemenin saya sampai tua nanti yaaa anak laki-laki saya😀 *tau dunk yaa kalu laki-laki itu harus hormat sama ibu nya sampai kapanpun, berbeda dengan perempuan* dan saya memang salah dengan pemikiran ini, karenanya mulai berbenah lagi, Mendidik anak laki-laki dan perempuan sama ‘tantangannya’ tentu dengan porsi yang berbeda pula. Laki-laki adalah pemimpin, imam, dan ini yang harus dipersiapkan sedari dini.

*tulisan ini ditulisan oleh Bu Emmy Soekresno S.Pd*

Saat anda mendidik anak laki2 yang utama anda ketahui adalah posisi anda ada dibelakang dia. Biarkan dia berlatih menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, anda di belakang mengawasi dengan hati2 jika ada yang salah tinggal diluruskan sedikit.. insyaAllah kita akan memiliki anak laki2 yg soleh seperti harapan kita. InsyaAlah

 Tujuh prinsip mendidik anak laki-laki 

 Prinsip pertama : Jangan coba-coba untuk menghilangkan tingkahlaku lincah dan impulsif mereka, namun nikmati, bentuklah dan perbaiki sikap mereka. 

 Prinsip kedua : Hindari gejala “sakit hati” bagi anak laki-laki, dengan cara menentang dengan keras premanisme, pemerasan atau kekerasan yang terjadi di sekolah di antara para siswa atau dimanapun. Juga selalu waspada terhadap kekerasan yang diekspos media, serta perhatikan beberapa tanda depresi, menarik diri, dan lesu dari anak laki-laki.

 Prinsip ketiga : Tetap dekat pada anak laki-laki secara emosional maupun sebagai pembimbing yang selalu waspada. Komunikasikan peraturan dalam konteks hubungan saling mencintai

 Prinsip ke empat: Untuk membantu anak laki-laki mendapat contoh perilaku gender yang sehat, maka anak laki-laki harus mendapat kasih sayang, perhatian dan dukungan dari ayah. Kalau ayah tidak ada karena sesuatu hal, perannya boleh digantikan oleh tokoh laki-laki dewasa yang kita percaya. 

 Prinsip ke lima : Habiskan sebanyak-banyaknya waktu dengan efektif bersama anak laki-laki anda. Bahkan jika ini berarti anda harus merubah gaya hidup agar anda dapat menyiapkan waktu sebanyak yang dibutuhkan. 

 Prinsip ke enam : Lawan kebiasaan masyarakat untuk sengaja bersikap kasar pada anak laki-laki, dengan cara meyakinkan pada masyarakat bahwa anak laki-laki adalah anak laki-laki, dan hargai anak laki-laki sebagai seorang individu. 

 Prinsip ke 7: Jadikan hubungan anak laki-laki anda dengan Allah adalah prioritas utama kita saat mendidiknya.Karena ayah yang akan memberi makan dan bertanggungjawab pada keluarganya maka ia harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hidup

Happy reading!! Semoga bermanfaat yaa..

One thought on “Tujuh Prinsip Mendidik Anak Laki-laki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s