Mendadak Flash Fiction :)

Flash Fiction itu adalah cerita pendek yang maksimal terdiri dari 1000 kata, bahkan ada beberapa yang menulis tak lebih dari 500 kata saja. Yang membuatnya berbeda adalah klimaks atau twist biasanya ada di akhir cerita. Mengagetkan pembacanya. Via Wangi

Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek. Rata-rata flash fiction memiliki antara 250 dan 1000 kata. (Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata. Rata-rata panjangnya antara 3.000 dan 10.000 kata.) Keterbatasan jumlah kata flash fiction sendiri sering kali memaksa beberapa elemen kisah (protagonis, konflik, tantangan, dan resolusi) untuk muncul tanpa tersurat; cukup hanya disiratkan dalam cerita. Via Wikipedia

Flash Fiction yang pernah saya ikuti, Bahagia , ini panjangnya maksimal 150 kata.

Sebenernya saya ga bisa-bisa banged ngarang cerita fiksi gini *nyengir*. Saya biasa menulis tentang apa yang saya rasa dan pikirkan. Eh cuma ntah knapa minggu lalu baca FB, tentang #15HariNgeblogFF via Rini Bee. Tertarik, pengen ikutan, apalagi yang ngadain, Wangi, bilang klo event ini diadakan adalah salah satu solusi saat blogger dilanda writer’s atau blogger’s block karena mood yang tiba-tiba rusak atau memang sedang tak ingin saja menulis. Daan kadang saya ngalamin ini nih. Ide banyaaak banged cuma nulisnya yang ga disediakan waktu khusus, jadilah ide yang ada menguap begitu aja😀 .

So mulailah dari tanggal 12 Januari kemarin. Awalnya cari ide susah banged, karena judul ditentukan oleh yang punya acara😀 . Ini cerita fiksi, dan saya memang bukan ahlinya dalam hal mengarang bebas gini😀 . Ide hari pertama didapat pas jemput Hasan gowes sepeda seperti biasa sama Husain, daaan jadilah tulisan hari pertama.

Hari-hari selanjutnya terasa lebih mudah, karena mungkin telah terbiasa yaa *ntahapayangterjadisetelah15hariberlalu*😀 . Kendala ada pastinya, ide cerita sudah ada, eh cari waktu buat nulisnya yang bingung, jadilah kita colong-colongan yaaaa😀 . Belum lagi ketika wiken gitu, berangkat pagi pulang malam, tapiii bukan saya namanya klo ga “maksa” klo udah pngen sesuatu. Akhirnya 2 hari wiken kemarin, saya bisa juga tuh buat submit tulisan *masihada3hariliburlagiiiii*😀

Seminggu sudah niy acara ini berlangsung, hari ini masuk hari ke 8..daaan saya begitu menikmati imajinasi saya mengembang ‘liar’ di kepala saya. Menyusun berbagai macam cerita dari sebuah judul yang dilemparkan untuk dituliskan salah satunya. Daaan selalu menanti judul untuk hari esok dengan deg-degan😀 ..

So yuuk ikutan masih ada waktu 7 hari lagi niiiiy. Senangkan hatimu dengan menulis.

9 thoughts on “Mendadak Flash Fiction :)

  1. arjuninho10 says:

    Flash Fiction seru banget
    sebagai pembaca kita diajak kreatif untuk membuat cerita yang endingnya dasyat…dan sebagai pembaca kita merasakan sensai kejutan ada pada ceritanya🙂

    kalo untuk #15HariNgeblogFF sendiri sangat bermanfaat sekali buat memotivasi kita untuk nulis
    mantappppp pokoknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s