DIY : Tas Serut Anak

Anak-anak saya bisa dibilang ‘pengumpul’ barang-barang (mbah uti n eyangti nya suka bilang mereka ‘pemulung’😀 ), apa jugak dikumpulin sama mereka, mulai dari kertas ampe gelas plastic bekas minuman jugak ada..kadang saya bingung ini yang bisa dibuang yanag manah..karena klo saya asal buang tanpa sepengetahuan mereka bisa-bisa saya harus cari gantinya yang bikin emosih jiwa memuncak😀 *lebayabis*

Klo mo pergi *padahal jauh jugak ga’* mereka sudah siap dengan aneka barangnya..berhubung saya tipe ibu yang capcus ga suka ribet, akhirnya keribetan yang ada beralih pada anak-anak saya😀 mulai buku, kertas-kertas, majalah, krayon, di bawa sama mereka, kadang dimasukkan kedalam kantong plastic aja gitu karena bawa tas sekolah juga kegedean *sigh* pokoknya repot bin ribet dengan barang-barang mereka..yang pada akhirnya barang-barang itu sayah jugak yang bawa *whoaaaaaa..* karenanya sekarang-sekarang saya udah mulai pasang “papan pengumuman” klo mau bawa barang, bawa sampai akhir ga ada titip-titip ummi :D*emaktegagasukarepot*

Dari cerita sebelumnya tentang DIY di sini.. Finally, ketemu jugak next project-nya apah..bikin tas serut buat anak-anak😀

Cara buatnya saya dapet dari buku “Aplikasi Perca Modern” karya tetangga saya dulu Mba Robbika Wijayanti dan temannya Nurlia Rahayu

*tuh contoh tas-nya ada di cover bukunya🙂 *

tapi yang saya contoh bentuk tasnya saja, untuk hiasan, hanya berupa nama anak-anak saja. *pas mo buat nama Husain eh benang sulamnya abiisss, sabar yaaa Sain🙂 *

Berikut cara pembuatannya :

  1. Gunting kain 26 cm x 43 cm sebanyak 2 buah, kain motif ukuran 17 cm x 43 cm sebanyak 2 buah, lebihkan 1 cm sisi kanan dan kiri untuk jahitan. Sambungkan dengan jahitan antara bahan polos dan motif *untuk kombinasi kain diserahkan pada masing-masing selera yaaa*
  2. Gunting bahan ukuran 5 cm x 3 cm untuk lubang tali sebanyak 2 buah, lipat menjadi dua bagian lalu jahit
  3. Buat 2 buah tali tas, panjang 150 cm dan lebar 2 cm, lebihkan 1 cm sisi kanan dan kiri untuk jahitan,, lipat dua lalu jahit
  4. Buat pola yang diinginkan (gambar, cetak, jiplak pada kain sesuai pola)
  5. Tempel dan jahit aplikasi dengan sulam sesuai pola
  6. Satukan pinggiran bahan, selipkan bahan untuk lubang talinya, lalu jahit
  7. Lipat bagian atas 4 cm untuk lubang tali serut
  8. Masukkan tali yang sudah dijahit pada lubang kain dari 2 sisi yang berbeda dan ikat agar tidak lepas

Daaaan taraaaaaa, ini hasilnya🙂 *maafkan foto yang burem yaa -_-‘*

Alhamdulillah, terimakasih juga pada Abi dan Modem,tanpa kehadiran mereka, saya bisa menyelesaikan ini *lho😀 .. dilema istri ditinggal pergi adalah tidak bisa tidur, sedangkan modem di bawa aja gitu..daripada mati gaya, akhirnya saya bisa menyelesaikan sulaman nama ini..waaaa senang🙂 *

So kids, just use this bag yaaa I make it with all of my heart you know🙂

I can make it…so next😀

Posted in: DIY

3 thoughts on “DIY : Tas Serut Anak

Leave a Reply

