Our Ramadhan..

Menyambut Ramadhan 1432H..

Diawali dengan berkunjung kerumah Mama. Cerita sana-cerita sini😀 . Sekalian menyemangati kembali anak-anak kami tentang puasa yang telah mereka lalui di tahun lalu.

Mempersiapkan anak-anak untuk berpuasa tentu tidak dalam waktu singkat. Saya dan suami sudah memulainya sejak 2 bulan yang lalu atau sejak bulan Rajab. Mengingatkan mereka jika kita sebentar lagi akan melewati bulan Ramadhan. Bulan yang penuh barokah dan ampunan Alloh. Menyambut bulan Ramadhan dengan ceria, memasang tulisan “Marhaban Yaa Ramadhan” di depan rumah kami sejak 1 bulan yang lalu. Kami ingin Ramadhan tahun ini bisa lebih baik lagi dari Ramadhan yang lalu.

Biasanya suami menerangkan puasa, khususnya dalam jadwal makan dan minum mereka dengan “puasa itu mempercepat sarapan pagi dan makan siang-nya dilambatkan atau di gabung dengan makan malam..”

Kalau saya lebih menekankan pada sisi kebersamaan mereka😀 ..Puasa itu menahan nafsu, harus berbagi, harus saling sayang, tidak bertengkar atau saling ledek, tidak boleh nangis etc..

So far mereka mengerti, setidaknya tahun lalu mereka sudah melewati puasa 1 bulan penuh full sehingga tinggal diingatkan kembali..

Kemudian terawih. Tahun lalu kami sholat terawih selalu di rumah, karena Husain masih 1 tahun dan masih menyusui juga. Selain itu juga kondisi masjid yang ramai anak bermain, khawatir malah menjadi contoh yang tidak baik untuk anak-anak kami.

Tahun ini kami ingin melaksanakan terawih di masjid. Di mulai dari malam pertama ini. Apa daya, ini adalah jadwal tidur anak-anak😀 Nadia dengan ‘usaha’nya yang kuat dapat melewati terawih pertamanya di masjid. Sedangkan Hasan,dia sudah terlelap di sholat isya-nya. Husain berkelana ntah kemana😀 *padahal jam tidurnya juga,mungkin karena ramai yaa*

Sehingga, kami sedang mencari solusinya bagaimana *telat sik ini sebenarnya -_-‘ *. Terutama Hasan, mau tidur siang atau ga’ , jam 7 malam itu waktu tidurnya, tahun lalu ketika sholat terawih di rumah bisa sedikit dipaksakan. Setelah azan isya berkumandang kita sekeluarga langsung sholat isya dilanjutkan sholat terawih dengan request “suraat pendek aja yaaa Bi, aq ngantuk..”😀 ..tapi tahun ini, masih belum tau bagaimana caranya, apakah kembali sholat terawih di rumah atau bagaimana..apa ada solusi lain?!😀

Tidak lupa menyiapkan mereka untuk bangun lebih pagi untuk makan sahur. Menanyakan apa yang mereka mau makan ketika sahur nanti. Tahun lalu dan seperti akan sama di tahun ini, mereka request untuk dihidangkan cococrunch beserta susu..

Bagi saya dan suami, kunci mengajak anak berpuasa sedari kecil adalah membuat mereka senang dengan apa yang akan dijalaninya. Menjaga mood mereka untuk senantiasa dalam posisi ‘positif’😀 . Selain juga ada reward untuk mereka, meski memang harus sangat ditekankan jika mereka berpuasa bukan karena untuk mendapatkan segala macam ‘kesenangan’ yang ada, berpuasalah karena Alloh!!

Semoga keluarga kami dapat melewati Ramadhan 1432H ini dengan lebih baik lagi..Amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s