Dana Pendidikan Is Not Asuransi Pendidikan..

Yaks, bahasanya campur maur..😀 Saya pernah nulis tentang dana pendidikan anak-anak di sini

Daaan pas banged, Senin ini dengan #MFM-nya @mrshananto ngebahas tentang dana pendidikan itu beda banged dengan asuransi pendidikan. Oia #MFM itu Magic Finance Monday, Q&A nya dengan mba Ligwina tiap Senin. Kita bisa nanya apa aja ma dia tentang financial dan di jawab olehnya..

Here some of her tweet, enjoy it😀

Knp tdk Asuransi Pendidikan? Krn gak nyambung. Emgnya Asuransi Pendidikan itu yg mana sih? There’s no such thing #MFM

Asuransi itu artinya kl terjd hal yg tdk diinginkan & menyebabkan financial loss, risikonya kt tranfer ke perush asur. Lah Pendidikan? #MFM

Pendidikan bukan hal yg tdk diinginkan & tdk ada financial loss kl gak terjd. Jd apa yg mau diasuransikan? AsPend » oxymoron🙂 #MFM

AsPend itu jd apaan? Bisa2nya tim produk & marketing perush asuransi aja🙂 kan kita mau beli semua produk dg kata Pendidikan! #MFM

Yg sering dijual sbg AsPend ada 2 : Asuransi Jiwa Endowment atau Asuransi Unitlink. Kalian punya yg mana? #MFM

Asuransi Jiwa Endowment. Kl terjd meninggal pada tertanggung, ada Uang Pertanggungan yg diterima benef. Tiap thn ke sekian keluar kas #MFM

Asuransi Unitlink. Asuransi Jiwa Wholelife yg ditempel2 dg produk lain. + AsKec, + AsKes, +AsPeny.Kritis + Unit Investasi (mirip RD) #MFM

Gw pernah beli AsPend yg ternyata isinya AsJiEndowment. Tertg a/n suami, UP 100jt. Thn k6,12,15 keluar 10jt, thn18 100jt #MFM

Problem AsPend (AsJiEndowment) yg gw beli itu. 1) UP kcl bgt, Avanza Xenia aja 100jt, masa ada apa2 sm suami dptnya 100jt doang? #MFM

Problem AsPend (AsJiEndowment) yg gw beli itu. 2) thn6 dpt 10jt? SD nya Azra 24jt, Dena 33jt (blm diskon kakak adik). Thn18 dpt 100jt? #MFM

Problem AsPend (AsJiEndowment) yg gw beli itu. 3) gw bayar premi 8jt/thn, thn ke6 cuma dpt 10jt? Gak nyambung pisan. Yak tutup & rugi #MFM

Okeh demikian knp AsPend gak bs gw pake u/ sekolahin anak2 gw. Btw ini u/ 3 anak udh ada Plannya semua. Pake perjuangan tp bisa kok #MFM

Tabungan Pendidikan beda lg dg AsPend. Tabungan Pendidikan itu produk bank. Tlg jewer kl ada agen asuransi nawarin Tabungan :p #MFM

Tabungan Pendidikan ya produk tabungan. Adanya di Bank. Ikut penjaminan LPS. Bunganya ya rendah. Caranya dg pendebitan tiap bln #MFM

Tabungan Pendidikan ini jg bisa2nya tim produk & marketing bank. Sbtlnya Tabungan dg Jk Wkt aja. Mau u pendidikan / liburan terserah #MFM

TabPend. 1+1=2. Biar bunganya 9%/thn. Ttp gak bs lawan kenaikan biaya pendidikan yg 20%/thn. Jd pake TabPend u/ max jk 3-5thn aja ya #MFM

Tujuan AsPend u/ bs cover semua biaya pendidikan. Ergh… Iya tp kl kitanya mati. Krn Asuransi itu definisinya adalah… Ah sudahlah🙂 #MFM

DanaPendidikan + hubungan pentingnya AsJi dg DaPend dibahas lengkap di Bab3 buku “Untuk Indonesia Yg Kuat – 100 Langkah U/ Tdk Miskin” #MFM

Wkt bikin Dana Pendidikan, AsJi penting. Gak perlu “anak bebas byr sampe umur 25”. Kan kl ada AsJi, ortu meninggal ada UP. Jd brp UP? #MFM

Saya banyak belajar tentang keuangan keluarga dari @mrshananto ini.

Setidaknya berbagai macam keputusan tentang keuangan keluarga, saya putuskan setelah banyak ‘belajar’ darinya. >>lewat mana?!<< yang pasti bayar tenaga dari perusahaannya belum sanggup😀. Tapi kan kita bisa belajar lewat baca tulisan-tulisannya, atau nanya-nanya langsung lewat twitter. *yeah guna twitter untuk saya adalah bertanya pada ahlinya tentang apa yang ingin saya ketahui* she is a nice person, kl Lo nanyanya ga buat dia pengen *nyeburgot* yaaa😀

Segala macam yang akhirnya bikin saya melek unitlink coz of her writing. Yang membuat saya memutuskan menutup 5 UL saya daaan membuat Asji untuk suami saja dan mulai invest di reksadana.

You know what, saya butuh waktu 1 th untuk memutuskan semua itu. Very long decision, right. Tapi dari semua itu akhirnya saya ngerasa jadi belajar banyak hal aja.

Sebelum ‘membuat’ dana pendidikan lewat logam mulia dan reksadana. Saya juga pernah buat aspend, kemudian saya tutup karena beralih ke unitlink #eaaaa😀 . Setelah ‘melek’ baru deh kembali pada jalan yang seharusnya, menurut para financial planner yang nurut saya mereka pastinya udah punya ilmu dan itung-itungannya.

Saya menikah tahun 2003, waktu itu umur saya 22 tahun. Daaaaaaan saya baru ‘melek’ keuangan keluarga umur 28 tahun. ‘belajar’ 1 tahun lalu baru memperbaiki semuanya. *telat* pastinya daaan banyak yang harus dikejar -_-‘. Tapi, yang paling penting siy bagaimana memperbaikinya, dan mempersiapkan kedepannya.

So how bout your education fun’ s kidz ?!

6 thoughts on “Dana Pendidikan Is Not Asuransi Pendidikan..

    • umnad says:

      eits tapi ini keputusannya mmg sudah dipikirkan n dicarikan gantinya kan yaa Pak🙂 ..bukan karena baca tulisan ini lalu lgs memutuskan *ngeri*😀

      okd selamat membuat dana pendidikan-nya..:)

  1. Gita says:

    lagi blog walking ehh ketemu blog nya mba..🙂 jadi pgn ikutan sharing juga..

    untungnya saya tidak pernah tergiur dgn iming2 unit link, asuransi pendidikan karena belajar dari pengalaman orang tua yg punya unit link dan akhirnya ditutup juga qiqiiqiii.. rugi bok..!!

    alhamdulillah dari sebelum menikah (4taun yg lalu) saya udah nyicil sedikit demi sedikit LM dan amazed liat performnya yg diluar dugaan.. hepii bgt. setelah nyaman dgn LM, kok ya pgn coba2 RD juga.. akhirnya beli juga RD bbrp hari yg lalu.. sebenernya udah lama pgn beli RD tapi masih ada keraguan hahhaaa.. cuman kata banyak finplan kita harus differensiasi investasi- don’t put your eggs in 1 basket – akhirnya beli deh RD pas bgt ihsg lagi turun🙂 skrg lagi cari2 AsJi term life.. dari dulu jg udah nyari sebenernya tapi lagi2 para agent itu nawarin unitlink arrgghh.. baru2 aja dapet yg nawarin term life, smoga bisa ikut AsJi termlife taun ini.. hihihihi

    btw, salam kenal mba🙂

    • umnad says:

      salam kenal kembali mbaa *salaman*🙂

      waaa bersyukur bgt sdh ‘melek’ financial dr sblm nikah..hihi
      aq br ajya..after all gpp lah drpd ga ‘melek’ sm skali *nyenengin diri sndiri*🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s