Talk Bout Reksadana

Sesuai tulisan saya di sini, yang mau membahas terpisah tentang reksadana..so here we go😀

Padahal sik karena mba farah dini novita alias @dini828, salah satu independent Fin Planner-nya Aidil Akbar lagi ngebahas #WhyRD? hari Jumat kemarin..

Menurut sumber Wikipedia di sini, Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

Here the twit of her .. cekidot😀

#WhyRD? (reksadana)! Dana di kelola oleh manager investasi,jd tidak perlu bingung utk ngebuat portfolio saham/obligasi sndiri

#WhyRD? Dana di tempatkan bukan pada account MI, bukan pada bank di tempat kita beli melainkan bank custodian

#WhyRD? Investasi yang memberikan return bagus dengan minimum pembelian yg sangat kecil

#WhyRD? Pembeliannya mudah dan sekarang malah ada auto invest dari rekening jd ga perlu repot2

#WhyRD? bisa dibeli rutin secara bulanan, jd kaya nabung aja except dgn return lbh maskimal.

#WhyRD? informasi transparant, jd mau liat kinerja mrk maupun porfolio investasi yg mrk pilih bisa diliat dr fund fact sheet dan prospectus

#WhyRD? byk jenisnya dari psar uang,pendapatan tetap,campuran sampe saham dengan tingkat resiko dan return yg berbeda beda

#WhyRD? MI di indo sudah banyak, easier for us untuk compare performa yg mana yg paling bagus diantara mrk.

#WhyRD? utk investor pemula bisa dijadikan tempat belajar juga, sblm mulai berani main langsung di saham :))

#WhyRD? proses pembelian cukup bawa ktp dan npwp aja . Cairin juga H+3 or 4 . Ga ribed

#WhyRD? pergerakan harian reksadana dpt anda lihat di website maupun di koran-koran sehingga km bisa memantau perkembangannya🙂

#WhyRD? memiliki badan pengawas yaitu BAPEPAM. Anda jg dpt melihat reksadana mana saja yg aktif dan legal di web mereka

Klo saya, invest di reksadana karena untuk menggantikan porsi investasi di #unitlink yang sudah saya tutup 1 tahun lalu. Investasi untuk dana pendidikan anak-anak. Sekedar catatan dengan tanda seru !! yang dibutuhkan untuk pendidikan anak-anak itu adalah dana pendidikan yaaaa bukan asuransi pendidikan !!

Seperti yang @dini828 bilang, beli reksadana tuh gampang banget. Tinggal datang ke bank truz bilang ke CS-nya mau buka atau beli reksadana, ntar langsung deh di layanin.

Bank apa aja?! Setahu saya Bank Mandiri dan Bank Commonwealth. Untuk Mandiri memang masih ‘konvensional’, dalam arti kita harus datang ke bank-nya untuk membeli reksadana, tapi ada juga system auto invest yang tinggal debet rekening tiap bulannya. Untuk Commonwealth sudah bisa untuk pembelian online, jadi kita bisa beli reksadana kapan saja kita mau tanpa harus ke bank-nya. Hanya untuk pencairannya memang diharuskan untuk datang ke bank-nya masing-masing.

Selain beli reksadana di bank, reksadana bisa juga di beli di MI-nya langsung. Contohnya Danareksa, mereka ada system online-nya jadi kita tinggal daftar untuk dapat user dan passwordnya. Dan ketika transaksi by online, uangnya tinggal transfer aja gitu ke bank yang dituju.

Dan menurut mba Ligwina alias @mrshananto ada beberapa reksadana saham yang dalam 10 tahun bisa berlipat-lipat naiknya 17-21x lho..wuuuiiihh gimana coba jika dibandingkan dengan #unitlink, pasti bedanya jauh banget.

Seperti belanja-belanji, ‘belanja’ reksadana juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jangan sampai asal ikut-ikutan teman atau trend. Kita harus tahu terlebih dahulu kinerja dan portfolio investasi reksadana tersebut yang dapat dilihat dari fund fact sheet dan prospectus-nya. Daaan semua itu bisa kita dapatkan dengan mudah koq *tanyaomgoogle*😀 . serta jangan lupa yang terpenting adalah tujuan investasi kita untuk apa.

Kalau saya pribadi memang membatasi pembelian reksadana. Reksadana yang saya beli hanya reksadana yang sudah terdaftar dalam reksadana syariah. Daftarnya bisa dilihat di sini. Untuk returnnya memang tidak sebesar reksadana konvensional, setidaknya itu yang saya rasakan selama 1,5 tahun ini. Karenanya untuk dana pendidikan anak-anak ini saya kombinasikan dengan LM (logam mulia). Sehingga diharapkan nantinya dana pendidikan yang dibutuhkan anak-anak tercapai ketika saatnya tiba. Amiin.😀 ..eia itu klo saya yaaa..tiap orang punya keputusannya sendiri-sendiri, right?!

Soo, what are you waiting for..just start right now for your investment !!😀

One thought on “Talk Bout Reksadana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s