Toilet Training : Kesabaran dan Kesinambungan

Kesabaran dan kesinambungan (baca:konsisten!!😀 ) adalah hal terpenting yang dibutuhkan dari toilet training(TT).

Menjelang umurnya yang 2tahun (2minggu lagi) Husain baru saya geber lagi buat BAK (buang air kecil) dan BAB (buang air besar) pada tempatnya (baca:kamar mandi). Merujuk pada pengalaman kakak n abang-nya, saya tentunya sudah memiliki berbagai macam ‘ide’ untuk memulai TT ini.

Sebenarnya TT pada Husain sudah saya lakukan sejak dia berumur 6 bulan. Kira-kira setiap 1-2jam dari BAK terakhirnya, saya ajak dia bawa ke kamar mandi, menunggu sambil menekan perut bagian kiri bawah. Kadang BAK keluar kadang juga tidak. Kalau BAK-nya keluar wow senangnya, tapi klo BAK-nya ga’ keluar wew bisa ngilangin mood yang ada😀.

Namun apa daya, TT yang dilakukan tidak berjalan lancar. Paling lama hanya seminggu-2minggu berjalan baik, setelah itu mood saya yang menguasai diri *saaaa😀 * jadilah TT tidak konsisten karena Husain kembali saya pakaikan popok plastic atau diaper lagi..

Umur 8 bulan saya lakukan lagi TT ini pada Husain. Dan lagi-lagi tidak berjalan sebagaimana mestinya *emakpemalas*😀. Kemudian dilakukan TT lagi pada umur 1 tahun, yang berakhir sama sperti sebelum-sebelumnya, hanya kali ini alasannya dikarenakan ART berhenti😀..

Latihan TT ini berhenti cukup lama, karena saya najis freak -_-‘ . BAK itu kan najis, bawaannya histeris aja gitu klo liat anak BAK di lantai *superlebay😀 * [mis:BAK yang kena 1m2, yang saya pel bisa seluruh rumah] daripada anak saya ikutan histeris juga gempor saya nantinya😀 , jadi saya keep dulu latihan TT ini untuk beberapa lama.

Hingga setelah lebaran kemarin kira-kira, setelah 6 bulan berhenti, saya lanjutkan kembali. Namun apa daya, kesabaran dan kesinambungan belum berpihak pada saya *kesel*. Cuma gimana daripada nglakuin semua ini penuh dengan tekanan dan ga’ baik juga nantinya pada anak, yasud saya kembali pada popok plastic yang ada. Sambil menghypno Husain “Husain, ntar klo udah 2 tahun, pipis ma pup-nya bilang yaaaa. Pipis dan pup itu najis, jadi harus di kamar mandi..” terus menerus.

Seiring berjalannya waktu, sambil membandingkan antara kakak dan abang-nya. Husain sedikit lebih dimanjakan niy, pikir saya. [baca: saya koq malas bgini -_-‘]. Dulu Hasan *zamansusah* ga’ ada pakai popok plastic. Smua berjalan baik-baik saja. Tapi kenapa sekarang susyaaaa bener yak [baca:ketergantungan popok plastik gw -_-‘].

So 2 tahun yang makin mendekat, saya tekadkan diri, kalau saya HARUS bisa, HARUS SABAR, HARUS KONSISTEN!!

Alhamdulillah 1 minggu berjalan lancar..yaaa kebobolan ada siy cuma dinikmatin aja, namanya juga lagi latihan, nanti juga terbiasa. Selain itu juga karena Husain sudah bisa bicara sedikit-sedikit, jadi sudah bisa bilang ‘pipis’ atau ‘ee’ meski pada akhirnya main air aja gitu di kamar mandi. Yasud lah nak, terserah kamu aja..semoga kali ini benar-benar bisa sabar dan konsisten.

So buat buibu yang lagi mau TT buah hatinya, ga’ ada tips khusus dari saya hanya kesabaran dan kesinambungan dalam menjalani latihannya.

Happy Toilet Training😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s