Talk Bout Unitlink…

Senin, 28 Feb 2011 yang lalu, @aidilakbar ngebahas tentang #unitlink. Ga’ follow dia siy, karena setiap mo di follow tulisannya selalu “this user has blocked you from following them” *ca to the pe to the deh* so sering-sering aja liat TL-nyaaa kali ada informasi yang berguna kya sekarang ini😀

Here the twit of him :

Anda yg beli unitlink utk tujuan asuransi, mohon maaf, salah total #unitlink

Anda yg beli unitlink utk tujuan investasi, mohon maaf, anda jg salah #unitlink

Anda yg beli unitlink tujuan asuransi+investasi, mohon maaf, lebih parah lg salahnya #unitlink

Unitlink tidak maksimal utk proteksi jiwa anda karena ini produk asuransi yg mahal #unitlink

Akibatnya Uang Pertanggungan (UP) yg anda peroleh sangat kecil #unitlink

Rata2 polis unitlink memberikan UP antara 50jt – 200jt saja #unitlink

Bayangkan,bila anda meninggal skrng apakah ahli waris anda bs hidup dgn 50-200jt? #unitlink

Kalau tidak bisa, berarti anda tidak melindungi orang2 yg anda cintai dengan membeli produk ini #unitlink

Rata2 orang Indonesia butuh UP antara 1,5M smp 4,5M #unitlink

Berarti kekurangan UP anda bisa antara 1,2M – 4,3M #unitlink

Ini yg disebut dengan istilah under-insured #unitlink

Anda butuh proteksi minimum 1,5M sementara unitlink anda cm ksh UP 200jt, kurangnya banyak #unitlink

Unitlink sebagai kendaraan investasi? Coba yg udah punya cek berapa return investasi anda diunitlink? #unitlink

Unitlink berinvestasi ke bursa(saham & obligasi) #unitlink

Itu sebabnya Investasi anda di unitlink mirip seperti anda masuk ke reksadana #unitlink

Jadi investasi anda di unitlink tetap beresiko sesuai resiko pasar sm seperti reksadana #unitlink

Mistery yg blm terjawab,knp return unitlink utk produk yg mirip (sama2 saham) lbh kecil dr return d reksadana? #unitlink

Contoh,kl unitlink anda memberikan return 18%-20%,utk investasi yg mirip di reksadana bs ksh return 25%-30% #unitlink

Selisih 5-10% kl invest jk panjang artinya bs beda bbrp miliar,blm menghitung premi yg hilang di 3thn awal #unitlink

Dalam unitlink ada selisih return (dibandingkan reksadana yg mirip atau #ihsg) yg tdk ketauan kemana larinya #unitlink

Kesimpulan, unitlink tdk maksimal baik utk asuransi jiwa (UP kecil) maupun return investasi+premi yg tinggi #unitlink

Apakah unitlink produk yg bagus?, jawabannya YES-TAPI BUKAN untuk kita2 masyarakat kelas menengah #unitlink

Bagi yg sudah “terlanjur” beli unitlink , harus segera dibenahi (betulkan) agar kerugian bisa diminimalisasi #unitlink

Beberapa pilihan utk yg “terlanjur” beli: 1. cancel, 2. didiamkan mati pelan2 polisnya, 3. diteruskan #unitlink

Keputusan 1, 2 & 3 di twit sebelumnya berbeda setiap orang tergantung kondisi keuangan, keluarga&kebutuhannya #unitlink

Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa langsung ke die aj yeeee. Saya siy cuma pengen share pengalaman keluarga saya dengan #unitlink ini. Pengalaman yang ga’ ngenakain pastinya -__-‘ tapi yaaa balik lagi semua peristiwa pasti ada hikmahNya. Dan setiap pengalaman berharga pasti ada ‘harga’nya, so saya ‘berlindung’ dari kalimat ini. ‘uanghilang’ itu saya anggap sebagai ‘harga’ dari pegalaman ‘berharga’ ini *ditimpuksuami*😀

Sebagai istri, suami saya mempercayakan keuangan keluarga pada saya *saaaah* Cuma tetep dunk keputusan ditangan suami, saya hanya menggulirkan ide-ide saya saja😀. Keluarga kami yang baru berjalan 8 tahun ini,namun sudah melalui berbagai peristiwa yang tidak mengenakkan dalam hal keuangan. Dan bagi saya ini adalah pengalaman. Pengalaman yang memang harus dilalui oleh keluarga kami. *ada pengalaman yang ga’ harus di lalui oleh kita, yaitu belajar dari pengalaman orang lain😀 * but for us not this session.

Here the story, akhir tahun 2008, jauh sebelum saya mengenal yang namanya financial planner (FP), jauh dari segala informasi tentang keuangan atau financial. Saya ditawarin produk asuransi, yang mana di akhir nanti ada sejumlah dana yang lumayan besar yang bisa di ambil. Tertarik, pastinya, apalagi ini juga produk syariah. Daaaan belakangan baru saya tahu klo ini namanya tuh #unitlink.

Wadooohh gimana ga’ ketar ketir, salah ‘beli’ produk sayah!! Bukan cuma 1 tapi 5..heeee kebayang ga’ seh gimana merasa bersalahnya saya ma suami -__-‘. Alhamdulillah, suami tetap mempercayakan apapun keputusan saya dengan #unitlink ini. Akhirnya saya cut semua #unitlink tersebut setelah 1tahun berjalan *gamaurugibanyaklagi*. Rugi?pastinya, yang dapat dikembalikan hanya sekitar 20% dari jumlah premi yang telah dibayarkan,*Alhamdulillah* daripada hilank semua😀.

Kanapa saya cut?! Karena ga’ sesuai dengan tujuan keuangan saya aja. Saya butuh asuransi untuk suami dengan UP (uang pertanggungan) yang gede *istrimatre*😀 NOOO!!! *ini khusus buat anak-anak koq* saya ga’ tahu aja gimana jadinya klo ternyata suami ‘pergi’ duluan n ga’ ninggalin apa-apa buat kami *edisiistriputusasa* . daaan saya juga butuh investasi yang menjanjikan (return besar). I Know, selama Alloh ada di hati semuanya akan ada jalanNya, pasti itu, pasti!! Saya hanya ingin mengelola yang ada di depan mata aja koq, ga’ lebih. Gimana-pun kita harus punya planning kan yaaa, mau gimana, berusaha, berdoa, selebihnya Alloh yang ngatur menjadi indah dan rapih…

Kenapa harus UP besar, dalam keluarga saya, suami adalah pencari nafkah satu-satunya. Jadi, yang seharusnya punya asuransi itu yaaaa sang pencari nafkah, bukan istri yang stay at home mom (SAHM), apalagi anak-anak😀 *saya tersadar aja gitu, iya juga yah, masa anak ‘pergi’ duluan ortunya dapat UP gitu dari anaknya, NO bgt kan, atau klo missal saya yang ‘pergi’ duluan suami dapat UP gitu dari sayah, huh big NO!!😀 entarbuatbiayanikahlagijanganjangan *edisiistriposesif* :D* jadi inti dari UP ini adalah dana yang bisa di kelola oleh keluarga yang ditinggalkan selama minimal 10tahun. Paling ga’ selama 10 tahun kedepan ‘kesejahteraan’ keluarganya terjamin. Oiya jumlah UP bisa juga ditambahkan dengan berbagai tanggungan lainnya yang ada, missal jumlah hutang yang ada -__-‘.

Investasi yang menjanjikan, tentunya, karena investasi adalah cara untuk membuat dana pendidikan anak-anak kami. Jadi bukan asuransi pendidikan yaaa boibu pabapak. Sama dengan #unitlink yang meng’investasi’kan dana kelolaannya lewat reksadana melalui manager investasi (MI) nya, saya pun melakukan hal yang sama. Reksadana. Bisa beli lewat MI langsung atau di bank-bank yang menjual ini *ntar dibahas terpisah klo ga’ ma to the les yaaa😀 hasilnya lebih gede yang bli langsung dunk, klo lewat #unitlink biasanya 5tahun pertama potongannya banyak bgt cyiiinn, baru thn ke-6 premi dimasukkan ke investasi semua. Juga emas, tapi pilih yang logam mulia (LM) jangan perhiasan.

So, kesimpulannya, pisahkan antara asuransi dan investasi. Pilih asuransi yang murni asuransi *cirinya, premi yang dibayarkan klo tidak terjadi apa-apa yaaa hangus, tapi klo yang syariah ada tabarru yang diberikan jika memang ada yang biasanya digunakan jika kita memperpanjang polis yang ada*. Dan plih investasi yang menjanjikan return-nya.

After all, saya pun sedang berusahan memperbaiki kondisi keuangan keluarga yang sangat-sangat berantakan sekali ini. From minus to the max *pengennya*. Semoga Alloh senantiasa memudahkan dan melancarkan segalaNya. Amiin

NOTED:etapi kondisi tiap keluarga berbeda yaaa..bisa didiskusikan kembali dengan ahlinya..ini crita tentang pengalaman keluarga saya saja..

10 thoughts on “Talk Bout Unitlink…

  1. Prasetyo says:

    Keputusan ibu untuk menutup UL sangat tepat, 1 tahun yang lalu saya juga minta istri untuk menutup UL yang usianya dah 5 tahun dan terbukti rugi serta manfaat RS hanya santunan. Dari awal saya dah ga setuju kalau istri ikut UL tapi secara diam2 dia beli polis UL. Saya sendiri ikut RD dah 2 tahun yang hasilnya jelas lebih tinggi dari UL, sedangkan asuransi ikut term life yang jauh lebih murah tapi manfaatnya lebih besar dari UL.

    • umnad says:

      wew Pak..lumayan bgt udah 5th UL-nya..tdnya saya jg pngen ntar aja klo udah “balikmodal” cm bc2 lg informasi dr finplan akhirnya sy braniin buat nutup UL 5polis skaligus..skrg sama kya bpk, suami aj yg dbuatin asuransi termlife-nya yg UP nya lbh tinggi daaan investasi lainnya di RDsyariah juga Logam Mulia..mudah2an lbh jelas hasilnya ntar..:) mksh pak buat share-nya..

    • umnad says:

      mmhh T*k***l mksudnya?! bukan..aq kmrn A*ll*z…cb aja diitung2 gmn..tiap org kn beda2 jg kasusnya..tp kl nurut para PF siy UL ga maks aj hslnya kl buat asuransi ataupun investasinya…jd mmg lbh baik terpisah..:)

  2. kiswanto says:

    Aslmkm… Trimakasih atas koment atas artikel di atas. pada dasarnya orang ikut asuransi adalah utk proteksi aset jangka panjang kalau terjadi sesuatu dengan fisik kita. kalau terkait dengan unit link (manfaat invest) ini adalah manfaat tambahan.

    • umnad says:

      wa’alaykumsalamwrwb. yup, fungsi asuransi adalah u/proteksi..daaan u/manfaat invest di unitlink saya pikir hasilnya tidak maksimal..kcuali jk mmg org tsb tidak mengejar target daan menganggap itu adalah ‘bonus’🙂

  3. Pingback: ingga’s blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s