Batuk Lalu Muntah…

Paling STRESSS klo liat anak-anak batuk disambung dengan muntah -_-‘. Rasanya pengen gantiin posisinya n’ marah juga karena muntah mereka itu. #jujur saya paling ga tahan dengan bau muntah, orang baru mual owe-owe aja, bisa membuat saya yang muntah duluan. Ditambah dengan baunya yang ga’ banget bisa buat saya yang paling banyak muntah-nya dibanding yang mau muntah beneran.

Makanya saya paling ga’ bisa banget liat anak-anak yang mulai pada batuk kemudian muntah. Terutama muntah mereka, bisa buat mood saya jadi hilang ntah kemana. Pokoknya ga’ banget dengan muntah mereka. Jika boleh memilih saya lebih memilih membersihkan P*P mereka yang bau-nya kya apapun dibanding membersihkan muntahan mereka yang berserakan di lantai. E tapi apa seorang ibu bisa memilih 🙂 , jika suami lagi bekerja, mau ga’ mau saya juga yang harus turun tangan dengan mulut yang berkicau 🙂 . Dan ga’ mungkin juga untuk menunggu suami pulang dan membersihkannya kn yaaa..

Namun, perlahan dan pasti, ‘permusuhan’ saya dengan batuk dan muntah hilang. Dengan bantuan mbah google dengan keyword batuk. Saya #barutahu jika batuk itu adalah hal yang alami. Seperti bersin, yang berfungsi sebagai tanda, begitu pula dengan batuk.

Dr Purnamawati Sujud Pujiarto, SpAK, dari Kemang Medical Care, Jakarta Selatan, pun menjelaskan bahwa pada dasarnya batuk adalah sebuah refleks yang pusat pengaturannya berada di otak. Refleks batuk juga merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke saluran napas. “Ketika tersedak, ketika terkena infeksi flu, lendir yang berlebihan pun akan dibatukkan oleh tubuh,” katanya. Penjelasan lebih lanjut bisa lihat di sini .

Sehingga ketika anak-anak mulai batuk kemudian muntah, saya sudah bisa untuk tidak panik dan not in the bad mood anymore.

Dimulai dengan kejadian tadi malam. My litle Husain, batuk-batuk. STRESSSS itu masih tetap ada 🙂 , Cuma sekarang sudah lebih sedikit bisa dikendalikan. Saya siapkan kain bedong, untuk jaga-jaga jika Husain muntah, sehingga saya bisa menampungnya agar tidak berceceran di tempat tidur. Dan benar deh kejadian, Husain muntah, yang dikeluarkan wortel. What!!! Wortel, sore ini kami sekeluarga berbuka di luar, n absolutely kami tidak makan atau memesan suatu makan yang ada wortel di dalamnya..so where the wortel come from?!? Don’t know..just thank to Alloh, Alhamdulillah, memang benar batuk kemudian muntah salah satunya adalah untuk mengeluarkan sesuatu yang tidak baik untuk tubuh..dan malam tadi pun saya katakana ” ayo nak, gpp muntah, muntahkan nak semuanya, keluarkan yang tidak baiknya…” so amazing aja, saya bisa mengatakan itu pada anak saya..biasanya ” udah, stop muntahnya..bla bla bla..”dengan nada tinggi 🙂 ..

Setiap orang, wanita khususnya pasti ada dalam masa-masa peralihan, masa-masa perubahan, dari yang disukai menjadi harus dijauhi, dari yang tidak disukai menjadi harus dijalani, dan itu terjadi ketika sang wanita akan dan sudah memiliki anak. Anak yang dititipkan Sang Pencipta untuknya.

So moms, dengan ilmu baru yang saya dapat, setidaknya saya bisa mengendalikan ‘permusuhan’ ini untuk selanjutnya menjadi ‘pertemanan’ 🙂 . I learn a lot things from my kidz. Makasih yaaa Nak..

One thought on “Batuk Lalu Muntah…

Leave a Reply

