“iihh koq Ummi tau siy..”

Itu adalah celotehannya Hasan, ketika saya berkata “Kakak-Abang hayooo diganti filmnya..”

Saya sedang berada di dalam kamar sambil menyusui adik Husain, ketika berkata itu..

Dan Hasan berkata “iiihh koq Ummi tau siy..” sambil berjalan menghampiri saya..

Dengan sedikit berkaca-kaca *lebay mode on* saya menjawab “yaaa Alloh kan Maha Melihat, Ummi dikasih tahu ma Alloh..”

Saya menyebutnya itu insting seorang ibu..yang membuat saya berkaca-kaca adalah saya-pun pernah dalam posisi itu..saya pernah dalam posisi “iihhh koq Mama tau aja siy apa yang gw lakuin…” meski beliau tidak melihat tapi beliau seakan tahu apa yang sudah saya lakukan atau apa yang sedang saya rasakan..beliau tahu tanpa harus saya memberitahu..

Dan kini, seakan tersadar, bahwa setiap ibu memiliki ikatan kuat terhadap anak-anaknya..

Apapun itu, ibu selalu bisa merasakan apa yang anak-anaknya rasakan..bapak mungkin juga meski mungkin tidak sesensitif sang ibu..

Dan apapun itu, saya yakin selalu ada kuasa Alloh di dalamnya..

Dalam imajinasi saya, Alloh Yang Maha SgalaNya menyampaikan semua itu lewat angin yang berhembus, lewat udara yang berputar dan menggetarkan hati..sehingga sebagai ibu, saya atau juga ibu-ibu di dunia ini bisa merasakan, mengetahui sesuatu dari yang Maha Tahu SgalaNya..

Leave a Reply

