Di Balik Musibah

Seakan tiada henti musibah ini datang pada negeri kita, mulai banjir, longsor, angin puting beliung, dan sebagainya kerap menghiasi berita-berita di negeri ini..

Musibah adalah suatu hal yang pasti terjadi pada diri kita atau kelompok..

Firman Alloh : “Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sakit, ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (sesungguhnya kami milik Alloh dan kepadaNyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” QS.2:155-157

Musibah merupakan suatu ujian dari Alloh, siapa yang lulus dari ujian ini, maka naiklah derajatnya lebih tinggi di sisi Alloh..

“Siapa yang akan diberi limpahan kebaikan dari Alloh maka ia akan diberi ujian terlebih dahulu” H.R.Bukhori

Musibah harus dihadapi dengan kesabaran, seberat apapun musibahnya, Alloh sudah mempersiapkannya yang sesuai dengan kemampuan kita..

Fiman Alloh : “Alloh tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdo’a) .” Ya Tuhan kami,janganlah Engkau hokum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan berat yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orangorang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” QS.2:286

Dan musibah yang menimpa seorang muslim (apapun itu) apabila dia sabar menghadapinya maka Alloh akan menghapuskan dosa-dosanya..

“..maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, Sesunguhnya bersama kesulitan ada kemudahan..” QS.94:5-6

Dan Alloh tidak pernah ingkar akan setiap janjiNya, semoga kita bersabar dalam menghadapi segala musibah ini, dan berserah diri hanya kepadaNya..

2 thoughts on “Di Balik Musibah

  1. hendry says:

    good …, ane setuju dengan artikel antum di atas, jadi buat ikhwah yang lain yang lagi jalani ujian hidup, mengadulah dan Kembalikan semuanya kepada Alloh, jangan mengadu kepada manusia atau makhluk ciptaan-Nya! Insya Alloh seluruh soal-soal yang diberikan Alloh kepada kita akan dapat kita selesaikan dengan mudah. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s