Sabar

dalam setiap kejadian pasti ada hikmah yang Alloh berikan..

tapi terkadang kita tidak dapat memahaminya, dan mengerti atas apa yang tengah terjadi..

seperti saya, terkadang saya sulit memahami dan mengerti atas apa yang sebenarnya telah Alloh rencanakan untuk saya, bukankah setiap kejadian baik itu dimasa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang telah Alloh rencanakan dan terjadi pasti karena izinNya..

sehingga terkadang hikmah yang sebenarnya bisa langsung kita resapi berlalu begitu saja tertutupi dengan segala keluh dan kesah yang kemudian baru kita sadari setelah keluh dan kesah lelah mendera..

bagi saya, jika kita sudah mengerti hal tersebut, seharusnya keluh dan kesah itu tidak ada..
dengan dalih, namanya juga manusia ada khilafnya –saya kesal dengan ungkapan ini– meski ini kerap terjadi pada saya dikala kejadian diluar keinginan saya terjadi, keluh dan kesah itu hadir meski hanya sekejap..

“huuh, kenapa sih..?!”

padahal jika kita menyadari apapun peristiwanya yang tengah terjadi pada kita, pasti karena rencanaNya dan izinNya, ada hikmah dibalik setiap kejadian yang ada, tergantung bagaimana kita menyikapinya..

dan apapun kejadian yang menimpa kita, datangnya hanya dari Alloh semata, yang telah ditentukan kapan berakhirnya, bukankah segala sesuatunya ada masanya, seperti iman yang terkadang naik dan turun, juga hati yang mudah dibolak-balikkan, tetapi semua itu kembali lagi pada penyikapan kita terhadap setiap kejadian, bersabar, sambil menunggu masa-masa genting itu selesai..dan Alloh Yang Maha Tahu, tidak akan memberikan sesuatu di luar batas kemampuan kita, Alloh Yang Maha Tahu, Maha Tahu yang tebaik untuk hamba-hambaNya..

sabar itu bukan kepasrahan karena kita telah lelah dengan apa yang tengah terjadi pada kita, lelah meratapi diri atau bahkan lelah mencari sumber kesalahan dari mana saja, yang kemudian kita sadari bahwa memang semua tindakan itu tiada berguna..

Rasulullah menegaskan, bahwa sesungguhnya sabar itu adalah ketabahan kita pada saat pertama kali kita menghadapi kejadian itu, bagaimana kita melapangkan dan mengikhlaskan segala kejadian yang tengah menimpa kita, dan yakin bahwa semua yang terjadi karena kuasaNya, karena izinNya, dan Alloh Yang Maha Baik, pasti akan selalu memberi yang terbaik untuk hamba-hambaNya..

dan sesungguhnya, kepasrahan itu adalah milikNya, dimana kita berdo’a, memohon dan meminta hanya kepadaNya, menyerahkan segala sesuatunya kepadaNYa, pemilik alam semesta dan isiNya..Alloh tiada pernah mengecewakan hamba-hambaNya dan tiada menolak do’anya, selama kita tidak menyekutukanNya

dan dalam setiap kejadian pasti ada hikmah yang Alloh berikan..Alloh menginginkan hamba-hambaNya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi..

“Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”QS.94:6

6 thoughts on “Sabar

  1. Nunik says:

    Setiap kejadian memang selalu ada hikmahnya mbak, walopun terkadang kita menagis tapi abis menangis ada tersenyumnya🙂. Sabar memang kuncinya yak mbak

  2. dhitos says:

    Menjadi sabar memang perlu proses, dengan belajar memahami dan menjadi ikhlas merunut setiap sebab kejadian yang memang sudah menjadi rencanaNYA.
    Suatu ketika kita menerima sebuah kenyataan untuk menjadi kesal, marah dan malu, kemudian dengan berjalannya waktu kita sadar dan segera mengucap “Astagfirullah..” sehingga seolah kita menjadi merasa sabar. Tapi benarkan kita sudah menjadi seorang yang sabar, walaupun kadang-kadang rasa kesal, marah dan malu itu sebenarnya masih ada ? Ternyata tidak!! Kita belum menjadi orang yang sabar. Kalau kita sudah merasa menjadi sabar sebenarnya kita hanya mampu menahan diri untuk tidak emosi dan itu bukan sebuah kesabaran yang sebenarnya. Untuk menjadi penyabar yang sesungguhnya, kalau “sabar” itu sudah jadi sifat. Kita harus bisa menjadi sabar tanpa merasa dibebani untuk bersabar.
    Itu sebuah proses panjang untuk kita agar terus belajar menjadi mampu bersahabat dengan setiap kesulitan. Dan itu adalah penjabaran “Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan” (QS.94.6).
    Begitu lho.. mbak kata para ahli..

  3. Luigi says:

    bener.. dan sabar itu pelita hati.🙂 – apalagi buat mreka yang kerja di tempat gak jelas seperti disini..wah klo gak sabar mah bisa gelo🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s