Jalan Kami…

mmhh,hari-hari belakangan ini, adalah hari yang cukup berat bagi saya..rasanya selalu ada hari, yang saya lalui dengan airmata..

kadang malu itu ada, apa yang sedang saya lalui rasanya tiada apa-apanya jika dibanding dengan hari-hari yang dilalui saudara-saudariku di Palestina, di Irak, di Jogya,dan di belahan bumi manapun..

ini hanya tentang “perasaan”..ntah karena pengaruh hormon disaat hamil, atau hal lain, yang jelas, saya ingin lulus dari ujian atau cobaan ini..

saya “kesepian”…
akhir-akhir ini suami begitu sibuk dengan amanahnya, rasanya makin banyak saja amanahnya, meski selalu ada dirumah, tapi dia begitu jauh bagi saya..
saat perasaaan itu hadir, bayi kecil kami, yang sedang dalam kandungan sayapun menendang-nendang, seakan mengingatkan saya..

“Ummi, hallo, aku ada di sini, merasakan apa yang kau rasakan..”
dengan segera, saya meminta maaf maaf padanya, dan berusaha untuk menata diri saya kembali..

setidaknya, saya teringat saat menjalankan taáruf sebelum menikah dahulu,

“apakah siap untuk dijadikan istri kedua..”,
saat itu saya mengerti apa yang dimaksud olehnya, baginya jalan ini adalah segalanya, saya harus siap itu, dan sayapun menjawab “Insya Alloh siap..”
dan itulah yang mengingatkan saya untuk selalu mendukungnya, dikala ego terdalam saya hadir..

Jalan ini memang panjang, berliku dan tiada ujung, tapi di jalan inilah Alloh mempertemukan kami, rasanya tidak sebanding jika saya harus mengikuti ego terdalam saya, bukankah segala sesuatunya membutuhkan suatu pengorbanan, pengorbanan yang penuh dengan keikhlasan, dan itu sudah seharusnya dipikirkan jauh-jauh sebelum memutuskan diri untuk menyerahkan diri sepenuhnya di jalan ini..

“kesepian” hanya masalah rasa, tergantung sejauh mana saya bisa mengalihkan “kesepian” itu menjadi penuh makna, setidaknya saya punya Nadia dan bayi kecil kami ini, yang bisa meredam segala “kesepian” itu dengan penuh canda tawa..meredam segala “kesepian” dengan prasangka baik, bukankah menjadi bermanfaat lebih utama dalam jalan kami ini..

Leave a Reply

