4 Macam Tarbiyah untuk Anak..

pesan20tarbiyah20anak

Ceritanya lagi mengais-mengais resume kajian POSKU yang harus diserahkan ketika pengambilan rapot Sabtu nanti, laluย ada sebuah resume yang sayang kalau dilewatkan begitu saja, jadi sengaja ditulis lagi disini๐Ÿ˜€. Sebenarnya ini lagi berasa diingatkan lagi, untuk kembali fokus dalam mendidik anak-anak.

Kadang kita sebagai orangtua suka bingung mau memulai pendidikan anak dari mana, semua rasanya penting untuk diajarkan pada anak *ngaca*๐Ÿ˜€ . Apalagi dengan berita yang terjadi akhir-akhir huhuhuhu, sebagai orangtua saya tentu khawatir dengan anak-anak saya, ntah itu kekhawatiran anak-anak yang menjadi korban maupun kekhawatiran anak-anak yang menjadi pelaku, semuanya bercampur menjadi satu. Continue reading

Suporter Ibu Rumah Tangga

1264398004149822-resized-600

Menurut saya menjadi istri maupun ibu yang hebat itu bukan berarti kita harus menjadi super disegala bidang, melakukan semua pekerjaan sendiri tanpa bantuan orang lain. Tapi lebih bagaimana kita bisa mengatur apa yang sudah kita rencanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar, meski mungkin kita sedang tidak berada pada situasi dan kondisi tersebut.

Saya suka menyebut mereka-mereka ini adalah support(er) system. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kita tidak butuh suporter. Siapa sajaย siy supporter ibu rumah tangga menurut saya : Continue reading

Terima Kasih Guru(Anak)ku..

terima_kasih_guruku

Asliiiik deh yaaah, dari akhir bulan Mei lalu sekolah anak-anak sudah mulai mengadakan pentas seni akhir tahun, wisuda maupun perpisahan sekolah juga kelas. Yang mana emak melow disini sudah pasti melaluinya dengan berkaca-kaca. Anak siapa yang diwisuda TK, ibu siapa yang matanya berkaca-kaca๐Ÿ˜€ . Hingga tiba ketika anak SD nya Sabtu kemarin (4 Juni 2016) diwisuda. Iyaa, anak pertama saya sudah diwisuda SD. Alhamdulillah.

Ketika anak-anak kelas VI kemarin diwisuda, yang kebayang adalah saat mereka baru masuk SD, yang masih unyu unyu banget. Pas kemarin diwisuda anak-anak yang unyu-unyu 6 tahun lalu sudah jadi anak-anak gadis dan anak-anak bujang๐Ÿ˜€ . Time flies so fast. Continue reading

Berkah Makan..

doa2bmakanSambil menunggu makan malam dihidangkan.

Abi: Apa yang kalian harapkan dengan makan?
Hasan: Kenyang
Abi: Klo gitu, sebelum makan do’anya diganti jadi ‘Ya Allah kenyangkan aku dengan makanan ini’ yah..
Hasan: Koq begitu?
Abi: Coba baca dan artikan do’a sebelum makan
Hasan: Allahumma baariklana fiimaa rozaqtana wa qina adzabbannar
Abi: Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.
Makanan yang tidak berkah bisa mengenyangkan sehingga malah mungkin jadi sumber penyakit.
Tapi makanan yang penuh barokah mungkin aja tidak mengenyangkan tapi akibatnya badan makin sehat dan menjadikan makan sebagai suatu kebaikan, amal sholih.
Trus ada ga makanan yang menyebabkan kita masuk neraka?
Hasan: Adaa, makanan haram.
Abi: Pintar..trus ikhtiar kita untuk menghindari itu dengan apa?
Hasan: Cari makanan dengan label halal..
Abi: Iya, betul. Tapi itu juga kenapa do’anya dilanjutkan dengan permohonan supaya kita terpelihara dari siksa api neraka.
Kita tidak pernah tahu kalau mungkin ada orang yang berbuat tidak baik dengan mencampur makanan kita dengan makanan yang haram, atau dengan zat yang tidak baik. Sehingga kita minta pemeliharaan dari Allah Yang Maha Tahu dan tidak menjadikan itu menyebabkan kita terkena siksa api neraka.
Jadi sekarang mau kenyang apa berkah?
Hasan, K’Nadia, Husain: Berkaah..
Lanjut berdoa dan mulai makan masakan Ummi yang lezat

Kini, Bajuku, Bajumu Juga..

image

Kami, saya dan anak perempuan pertama, memasuki masa bajuku-bajumu..

Yang mana lalu bingung ketika kami harus pergi bersama disuatu acara, karena pakaian yang mau saya pakai adalah pakaian yang sering dipakainya saat memakai baju bebas muslim tiap minggunya๐Ÿ˜€ .

N1 : Miii, besok pakai baju apaa..
U : Baju X..
N1 : Lhooo itu kan sudah aku pakai pas pergi kemarin sama teman-temanku..
U : *kageeet, masalahnya niy baju reuni SMP kemarin, masih fresh banget dan gue ga boleh pakai, gituuu๐Ÿ˜€ * Lhaaaaa gimanaa..
N1 : Udaa, Mii…ganti, gantii sama baju yang lain..yaa pleaseeee…
*sip cari baju lain lagiiii*

N1 : Mii, bawahannya..
U : Rok Y..
N1 : Ummiiiii, itu kan yang sering aku pakai ke sekolah..
U : Teruuuss…*kaleeem*
N1 : Koq teruuus, yaa nanti teman-temanku liat duunk..
U : Lhooo tapi ini kaaan rok Ummii…*emak mulai iseng*
N1 : Iyaaaa, dan itu sering aku pakai ke sekolaaah…
U : Yaa udaaah, bilaaang aja ini rok Ummi..*lanjut isengnya*
N1 : Ya Alloh Ummmiiii…
๐Ÿ˜€ : D๐Ÿ˜€

Tidak cuma urusan atasan dan bawahan, tapi gamis sayapun sudah pernah dipakainya. Kalau sudah begini berasa seperti kakak adik yang suka tukar-tukaran pakaian yaa *eluseluswajah*๐Ÿ˜€

View on Path

Wahai Penuntut Ilmu..

image
Nasehat Imam Syafi’i Kepada Penuntut Ilmu*

Inilah nasehat Imam Syafi’i rahimahullah kepada para penuntut ilmu. Inilah nasehat yang dulu dipegangi dengan kuat dan mengantarkan banyak orang meraih manfaat menuntut ilmu. Mari sejenak kita perhatikan:

ุฃูŽุฎููŠ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽู†ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุนูู„ู’ู…ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูุณูุชูŽู‘ุฉู ุณูŽุฃูู†ู’ุจููŠู’ูƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุตููŠู’ู„ูู‡ูŽุงูย  ุจูุจูŽูŠูŽุงู†ู: ุฐูŽูƒูŽุงุกูŒ ูˆูŽุญูุฑู’ุตูŒ ูˆูŽุงุฌู’ุชูู‡ูŽุงุฏูŒ ูˆูŽุฏูุฑู’ู‡ูŽู…ูŒ ูˆูŽุตูุญู’ุจูŽุฉู ุฃูุณู’ุชูŽุงุฐู ูˆูŽุทููˆู’ู„ู ุฒูŽู…ูŽุงู†

“Saudaraku, ilmu tidak akan diperoleh kecuali dengan enam perkara yang akan saya beritahukan rinciannya: (1) kecerdasan, (2) semangat, (3) bersungguh-sungguh, (4) dirham (kesediaan keluarkan uang), (5) bersahabat dengan ustadz, (6) memerlukan waktu yang lama.โ€

Inilah sikap mental yang seharusnya kita tanamkan kepada anak didik kita. Siap berpayah-payah, semangat bertekun-tekun belajar.

Continue reading

Kegiatan untuk Ramadhan..

BARU!!! El Hana Ramadhan Cre-Activity Pack
Usia 5+ ( Dibawah 5 tahun dengan pendampingan penuh)
Rp 90.000
520 gr
Order SMS/WA 0878 8507 7982

Spesifikasi:
– Poster Ramadan Chart and Game berukuran A2 berbahan art karton dengan laminasi glossy
– Semua stiker berbahan kromo lintex dengan laminasi glossy
– 4 poster adab berukuran A3+ berbahan art paper 150 gram dengan varnish glossy
– 20 stik kayu polos
– 10 helai kawat bulu (pipecleaner tebal) panjang kurang lbh 15 cm
– 10 butir pompom 3 cm dan 15 butir pompom 2cm
– 1 bungkus payet silver
– 1 bungkus payet biru metalik
– 4 lembar busa ati eva (foam) berukuran 15×15 cm (hitam, putih, kuning, biru)
– 20 lembar kertas origami campur warna berukuran 12×12 cm
– 1 tube lem putih pvac
– Kartu bergambar ikan paus, gajah, sapi, burung hudhud, buah tin, buah zaitun, buah dan pohon kurma, dan masjid (kartu bergambar ini bisa dijadikan pola jiplakan pada kertas origami atau busa ati, bisa diwarnai, dilukis, dibuat kolase atau kreasi lainnya)

View on Path